PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN DIRI (SELF EFFICACY) SISWA SMP

Main Article Content

Siti Rahmi Yuliani
Ita Nur Indahsari
Tita Puspita
Teti Maesaroh
Indah Retta
Wahyu Hidayat

Abstract

Penelitian ini berbentuk true eksperimen dengan desain postest only control design yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran problem solving terhadap metode ceramah dan hubungan kemampuan koneksi matematis dan self efficacy menggunakan problem solving. Populasi penelitian dilaksankan di kota Cihampelas dengan sampel 69 siswa dibagi pada kelas eksperimen dan kontrol di salah satu SMP Negeri di Cihampelas. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan koneksi matematis sebanyak 5 butir soal uraian dan skala self efficacy matematik siswa sebanyak 28 pernyataan dengan 4 alternatif jawaban. Hasil analisis menunjukkaan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yaitu 61,25 dan rata-rata siswa kelas kontrol 53,65. Koefisien korelasi menunjukkan nilai yang positif sehinggga pengaruh antara self efficacy dan kemampuan koneksi matematis siswa memiliki hubungan yang searah. Dengan hubungan yang searah dan  nilai positif pada koefisien korelasi yang berarti semakin tinggi kemampuan koneksi maka semakin tinggi juga self efficacy yang dimiliki siswa tersebut.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuliani, S., Indahsari, I., Puspita, T., Maesaroh, T., Retta, I., & Hidayat, W. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN DIRI (SELF EFFICACY) SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1845-1850. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/178
Section
Articles

References

Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132.
Dewiyani. 2008. Mengajarkan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Langkah Polya. Stikom Jurnal. Vol.12. No 2.
Fahira, Mutia. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kecemasan Matematika dalam Pembelajaran dengan Pendekatan Problem solving. Jurnal Peluang. 1, (2), 44.
Hendriana, H., Euis, E.R., Utari, S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Lestari, W.P., & Affifah, D. R. (2016). Pengaruh Self efficacy dan Kecerdasan Emosi Terhadap Motivasi Siswa Berprestasi Siswa SMK PGRI 1 MADIUN. Counsella: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2).
Nurwidawati, D. (2013). “ Hubungan Self efficacy dengan Presentasi Belajar Siswa Akselerasi”. Jurnal Character. 1, (2), 1-5.
Putra, H.D., Astriana Putri, Adiska Nadiyah Latifah, Chintya Zulvi Mustika. (2018). “Kemampuan Mengidentifikasi Kecukupan Data pada Masalah SPLDV dan Self –Efficacy Siswa MTs”. Jurnal Nasional Pendidikan Mtematika. 2, (1), 51.
Rahmi, S., Rifka, N., Bibih, H., dan Wahyu H. (2017). “The Relation Between Self efficacy Toward Math Whith The Math Communication”. Journal of Mathematics Education. 6, (2), 178.
Sumarmo, U. (2016). “Pengembangan dan Contoh Butir Skala Nilai, Karakter, Budaya, dan Aspek Afektif Lain dalam Pembelajaran Matematika”. Tersedia di Website STKIP Siliwangi Bandung. utari-sumarmo@dosen.stkipsiliwangi.ac,id.