MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS

Authors

  • Nesmelly Nesmelly Pengawas Sekolah Dasar Kecamatan Pasir Penyu Indragiri Hulu, Riau, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.18

Keywords:

Supervisi Kelas Berbasis Klinis, Rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran

Abstract

Penelitian tentang mengefektifkan pembelajaran guru melalui Supervisi klinis untuk meningkatkan kualitas. pembelajaran guru di SD Negeri 0147 Candirejo Kecamaran Pasir Penyu Tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kualitas pembelajaran guru dengan mengefektifkan supervisi kelas berbasis klinis di SD Negeri 017 Candirejo. (2) Mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi kelas berbasis klinis dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran guru di SD Negeri 017 Candirejo.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan sekolah dengan 2 siklus Masing-masing siklus terdiri dari tahapanperencanaan pelaksanaan tindakan (pra Observasi), observasi pembelajaran dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah 3 orang guru diSD Negeri 017 Candirejo yaitu Guru Kelas IV-VI. Instrumen penelitian yang digunakan adalah PelaksanaanPembelajaran InstrumenSupervisiKlinis. Lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) SupervisiKelas berbasis klinis dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Guru SD Negeri 017 Candirejo. Pada hasil penilaian rencana pelaksanaan Pembelajaran rata-rata 2.33 pada Siklus I dan 3,4 pada siklus II, dan hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran nilai rata-rata 2-98 pada siklus I dan 3,49 pada siklus II. (2) Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi kelas berbasis klinis adalah tidak semua guru siap untuk disupervisi klinis.

References

Dirjen PMPTK, 2008a. Pedoman penelitian TindakanSekolah(School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA/SMK. Jakarta : Depdiknas, Dirjen PMPTK.
Dirjen PMTK, 2008b. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) peningkatan KompetensiSupevisi Pengawas Sekolah SMA/SMK.Jakarta : Depdiknas, Ditjen PMPTK.
E Mulyasa, 2005, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Jeny H M, 2013, Supervisi Klinis. Bandung : Alfabeta.
Made Pidarta 2009, Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta : Rineka Cipta
Meity T O, 2017, Kamus Besar Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Cetakan Pertama, Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Mudiyono, 2012, Supervisi Kelas Berbasis Klinis dengan Pendekatan PLS, Tabalong : Komunitas Guru peneliti dan penulis .
Mukktar, 2009, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.
Paul Suparno. 2008, Riset Tindakan untuk pendidik. Jakarta: Grasindo.
Purwanto N. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan Bandung. Rosda.
Suhardjono, 2009 Penelitian Tindakan Kelas dan Tindakan Sekolah. Malang CakrawalIndonesia.
Suharsimi A 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Suharsimi A. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Susilo, 2007, Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Pustaka Bool Publisher.
Usman M.U. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

24-06-2018

How to Cite

Nesmelly, N. (2018). MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 686–697. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.18

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check