Upaya Pihak Sekolah untuk Memperbaiki Sikap Siswa Terhadap Guru Praktek Lapangan di SMA Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dhamasraya

Main Article Content

Putri Julia Ningsih
Yenni Melia
Yanti Sri Wahyuni

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa yang sikapnya tidak baik terhadap guru praktek lapangan khususnya di sekolah SMA Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dhamasraya. Tingkah laku siswa seperti ini harus dihilangkan supaya siswa dapat mengahrgai dan menghormati guru praktek lapangan yang mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya memperbaiki sikap siswa kelas XI IPS 2 terhadap guru PL di SMA Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dhamasraya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behaviorisme yang dikemukakan oleh Edwin Guthrie. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Informan pada penelitian ini sebanyak 15 orang. Metode pengumpulan data digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk dari sikap siswa yang tidak baik terhadap guru praktek lapangan di SMA N 1 Koto Baru Kabupaten Dhamasraya yaitu siswa tidak pernah mengikuti pelajaran guru PL, menjawab pembicaraan guru PL dengan kata kasar, tidak patuh terhadap peraturan belajar guru PL di kelas, membuat kenakalan sehingga guru kecewa, sering mencemooh guru PL, sedangkan upaya sekolah dalam memperbaiki sikap siswa yaitu melakukan teguran, pemberian sanksi, panggilan keruangan BK, dan melakukan panggilan orangtua.


Kata Kunci: Sikap Siswa, Guru Praktek Lapangan,.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ningsih, P. J. ., Melia, Y., & Wahyuni, Y. S. . (2021). Upaya Pihak Sekolah untuk Memperbaiki Sikap Siswa Terhadap Guru Praktek Lapangan di SMA Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dhamasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6688–6695. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1823
Section
Articles of Research

References

Damsar. (2009). Sosiologi Ekonomi. PT Raja Garfindo Persada.

Pitana, & Gayatri. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogayakarta: CV Andi Offset.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogayakarta: CV Andi Offset.

Soejono, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Perss.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta:

Sutopo, A. H., & Arief, A. (2010). Terampil Mengo;ah Data Kualitatif dengan NVIVO. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wulandari, P.K.(2017).Inovasi Pemuda dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi di Kampung Warna-Warni Kelurahan Jodipan, Kecamatan Belimbing,Kota Malang).Jurnal Ketahanan Nasional,Vol 23(No.3 Edisi Desember),300-319.