Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengawasan Terhadap Pencapaian Target Penerimaan Retribusi Jasa Usaha pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Dompu

Authors

  • Chairul Adhim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yapis, Indonesia
  • Irwansyah Irwansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yapis , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1825

Keywords:

Disiplin Kerja, Pengawasan, pencapaian target penerimaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan pengawasan terhadap pencapaian target penerimaan retribusi jasa usaha pada pada BAPPENDA Kabupaten Dompu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pegawai pada BAPPENDA dengan menggunakan tehnik sampling jenuh, diperoleh populasi sebanyak 48 orang. Tehnik pengumpulan data melalui data primer dan data sekunder. Alat analisis menggunakan  analisis regresi linear berganda. Hasil analisis disiplin kerja secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan dan pengawasan secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian target penerimaan retribusi jasa usaha pada BAPPENDA Kab. Dompu.

References

Andini, Miranti.2016. Faktor-Faktor Penyebab Tidak Tercapainya Target Penerimaan Retribusi Parkir Di Kota Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan Ilmu Pemerintah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bandar Lampung.

Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Caps.

Handayaningrat, Soewarno. 2010. Pengantar Ilmu Administrasi Dan Manajemen. PT Gunung Agung. Jakarta.

Hasibuan, .S. P Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Persada.

Jalitriarsa, Djati Dan John Suprihanto. 2011. Manajemen Umum Sebuah Pengantar. Yogyakarta: BPFE.

Machali, Imam. 2015. Statistik Itu Mudah Menggunakan SPSS Sebagai Alat Bantu Statistik. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Manullang, M. 2009. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta. Univesitas Gajah Mada.

Mardiasmo. 2016. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta. Andi.

Mudjarad Kuncoro. 2013. Metode Riset Waktu Bisnis Dan Ekonomi. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Neta Melania. 2017. Pelaksanaan Motivasi Dalam Pencapaian Target Kredit Di BRI Unit Taman Sari Bandung. Skripsi.

Nurmayani. 2010. Hukum Administrasi Daerah. Bandar Lampung.

Oktaviana Candra Dewi Dan Nugroho. 2014. Analisis Kinerja Penerimaan Retribusi Jasa Usaha Dikabupaten Sleman. Jurnal Ekonomi. Vol 3. No 1.

Ovvianda Ramadhani. 2019. Pengaruh Pengawasan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah UPT Medan Utara. Skripsi

Peraturan Daerah Kabupaten Dompu Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Usaha.

Prayuda Dwi Cahyo. 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah (BPPRD) UPT Medan Utara. Skripsi.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009. Tentang Pajak Dan Retribusi Daerah.

Rosemarry, Chinyeaka Justine, Barisua Barry. 2016. Local Government Finansial Autonomy: A Comparative Analysis Of Nigeria And Brazil. Arabian Journal Of Bussiness And Management Review (Oman Chapter), 5(10).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis, (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabet.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabet.

Sujarweni, Wiranta. 2015. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta, Penerbit Pustaka Baru Press.

T. Hani Handoko. 2012. Manajemen. Yoyakarta: BPFE.

Yoda, Tilawatil Ciseta.2014. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Penerimaan Retribusi Pasar Di Kota Padang. Jurusan Akuntansi Fakultas EKonomi universitas Negeri Padang.

Yoduke, R Dan S, Ayem. 2015. Analisis Efektivitas, Efisiensi Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Serta Kontribusi Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Bantul Tahun 2009-2014. Jurnal Akuntasi Vol.3 No.2.

Downloads

Published

04-09-2021

How to Cite

Adhim, C. ., & Irwansyah, I. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja dan Pengawasan Terhadap Pencapaian Target Penerimaan Retribusi Jasa Usaha pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Dompu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5287–5292. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1825

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check