Telaah Naratif dan Gejala Jiwa Para Tokoh dalam Drama The World of The Married Karya Joo Hyun

Authors

  • Retno Yuniarti Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yessi Fitriani Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1857

Keywords:

Naratif, Gejala Jiwa Tokoh, Drama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan telaah naratif dan gejala jiwa para tokoh dalam drama The World of The Married karya Joo Hyun. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah drama The World of The Married karya Joo Hyun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan analisis data ditemukan adanya telaah naratif yang berupa cerita atau peristiwa perepisode dari episode awal hingga akhir dan ditemukannya gejala jiwa para tokoh berupa 12 gejala-gejala psikologimanusia yaitu: pengamatan, tanggapan, berpikir, kecerdasan, perasaan, kekhawatiran, emosi, simpati, insting, keinginan, perhatian dan motivasi, pada setiap tokoh-tokoh drama tersebut. Hasil data dari analisis peneliti bahwa disetiap tokoh secara acak tidak ditemukan beberapa gejala-gejala jiwa manusia karena dalam drama tersebut tidak adanya dialog yang menunjukkan gejala jiwa manusia. Drama ini sempat menjadi trending topic dibeberapa negara termasuk Indonesia.

References

Ardiansyah, A., & Nadia, M. (2020). Struktur Kepribadian dan Klasifikasi Emosi Tokoh Utama dalam Novel Lelaki Harimau Karya Eka Kurniawan Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Bahasa Indonesia.

Arini, H. (2012). Mengapa Seorang Ibu Harus Menyusui. Jakarta: Flashbooks.

Dewojati, C. (2012). Drama: Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Yogyakarta: Penerbit Javakarsamedia.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Endraswara, S. (2011). Metode Pembelajaran Drama (Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian). Yogyakarta: Caps.

Endraswara, S. (2014). Metode Pembelajaran Drama (Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian). Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indra, A. (2020). Konflik Batin Psikologis dalam Drama Badai Sepanjang Malam Karya Max Arifin. Jurnal Bahasa Indonesia. Volume 3. Nomor 1.

Joo Hyun. (2020). The World Of The Married. Trans TV.

Sumanto. (2014). Psikologi Umum. Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.

Wardani, E. (2015). Kondisi Psikologis Tokoh Utama dalam Drama Ikhnatun Wa Nefertiti Karya Ali Ahmad Bakatsir: Analisis Psikologi Sastra. Jurnal Bahasa Indonesia. Volume 2. Nomor 1.

Wardani, L. (2019). Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Naskah Drama Sampek Engtay Karya N. Riantiarno: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Bahasa Indonesia. Volume 3. Nomor 4.

Downloads

Published

14-09-2021

How to Cite

Yuniarti, R. ., Wardiah, D. ., & Fitriani, Y. . (2021). Telaah Naratif dan Gejala Jiwa Para Tokoh dalam Drama The World of The Married Karya Joo Hyun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5486–5490. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1857

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check