Penguatan Ekonomi Pedagang Souvenir pada Masa Pandemi Covid-19 di Kawasan Pantai Carocok Painan

Authors

  • Yulianti Wahyuni STKIP PGRI Sumatera Barat , Indonesia
  • Isnaini Isnaini STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Yanti Sri Wahyuni STKIP PGRI Sumatera Barat , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1884

Keywords:

Pedagang Souvenir, Masa Pandemic

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Pandemi Wabah Corona Virus (covid 19), pandemic Covid 19 salah satunya berdampak kepada wisatawan yang berkunjung ke Indonesia khususnya di pariwisata pantai carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Ekonomi pedagang souvenir yang berdagang di kawasan pantai carocok ini mengalami penurunan pendapat akibat adanya pandemic ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguatan ekonomi pedagang souvenir pada masa pandemi covid 19 di kawasan pantai carocok paninan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan infrastruktur yang dikemukakan oleh Marven Haris. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Informan pada penelitian ini sebanyak 21 orang. Metode pengumpulan data digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penguatan ekonomi pedagang souvenir pada masa pandemi covid 19 di kawasan pantai carocok painan adalah pedagang harus berusaha mencari usaha tambahan selain berjualan souvenir mereka juga berjualan makanan dirumah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangganya dan pendapatan pedagang pada masa pandemic ini menurun dibandingkan sebelum pandemi.

 

References

Damsar. (2009). Sosiologi Ekonomi. PT Raja Garfindo Persada.

Pitana, & Gayatri. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogayakarta: CV Andi Offset.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogayakarta: CV Andi Offset.

Soejono, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Perss.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta:

Sutopo, A. H., & Arief, A. (2010). Terampil Mengo;ah Data Kualitatif dengan NVIVO. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wulandari, P.K.(2017).Inovasi Pemuda dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi di Kampung Warna-Warni Kelurahan Jodipan, Kecamatan Belimbing,Kota Malang).Jurnal Ketahanan Nasional,Vol 23(No.3 Edisi Desember),300-319.

Downloads

Published

13-09-2021

How to Cite

Wahyuni, Y. ., Isnaini, I., & Wahyuni, Y. S. . (2021). Penguatan Ekonomi Pedagang Souvenir pada Masa Pandemi Covid-19 di Kawasan Pantai Carocok Painan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5873–5881. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1884

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check