Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster dan Google Formulir dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMAN 1 Kelayang

Main Article Content

Nurlaila Nurlaila

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Best Practice (Pengalaman terbaik) yang disajikan pada Lomba Guru Berprestasi dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI. IPA. 1 SMAN 1 Kelayang pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan aplikasi Kinemaster dan Google formulir dapat meningkatkan hasil belajar PAI di SMAN 1 kelayang, selain iyu untuk mengetahui langkah-langkah pelaksanaaan pemanfaatan Kinemaster dan Google formulir dapat meningkatkan hasil belajar serta untuk mengetahui hambatan implementasi pemanfaatan aplikasi Kinemaster dan Google formulir dapat meningkatkan hasil belajar PAI di SMAN 1 Kelayang. Proses pembelajaran PAI dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran Aplikasi Kinemaster dan Google Formulir. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar PAI siswa melalui penerapan metode pembelajaran Aplikasi Kinemaster dan Google Formulir mengalami peningkatan, khususnya pada materi Iman Kepada Kitab-kitab Allah SWT dengan nilai rata-rata awalnya 64,48 meningkat menjadi 90,00. 2) Langkah-langkah dalam penggunaan Kinemaster yaitu dengan mengenal fitur-fiturnya dan menyediakan bahan ajar yang akan diunggah 3) Hambatan pengunaan metode Aplikasi Kinemaster dan Google Formulir yaitu aplikasi ini sangat tergantung dengan sinyal yang kuat dan paket internet.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurlaila, N. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster dan Google Formulir dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMAN 1 Kelayang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5941–5947. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1893
Section
Articles of Research

References

Arifin, Zainal. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT, Media Creative. Yogyakarta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Teknologi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Dive Press. Yogyakarta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran, Rajawali Pers, Jakarta.

Asyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajran. Gaung Persada Press. Jakarta.

Dewi Shalikah, Norma. 2016. Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif, Jurnal Cakrawala, No. 1, Vol XI 101-115

Djamarah, Syaful Bhari. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. 2012. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. E-Jurnal Ikip Madiun, No.2Vol2 98-117

Kusuma, Wijaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakata:PT Indeks

Patimah, Risah.2020. Praktek Edit Video melalui Aplikasi Gratis di Android, Sekolah Guru Indonesia

Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P. 2016. Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49 (2): 48-58.

Internet

https://www.utopicomputers.com/apa-itu-kinemaster-pengertian-fungsi-dan-fitur-fiturnya/ (diakses tanggal 27 Juni 2021)

http://habibganetmeml.blogspot.com/2018/05/pemanfaatan-google-form-dalam.html (diakses tanggal 27 Juni)

http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/PE/article/view/50. (diakses tanggal 27 Juni)

.https://www.sekolahguruindonesia.net/praktek-edit-video-melalui-aplikasigratis-di-android/ (diakses tanggal 27 Juni)

http://journal.ummgl.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/105/60. (diakses tanggal 27 Juni)