Peningkatan Pemahaman Unsur-Unsur Intrinsik dan Nilai-Nilai Religius dalam Cerpen Melalui Pembelajaran Aplikasi Grup Whatsapp

Main Article Content

Pasehulisan Pasehulisan
Ratu Wardarita
Missriani Missriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi grup whatsapp pada pembelajaran memahami unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai religius dalam cerpen pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Martapura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket, kuis, catatan selama pelaksanaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi grup whatsapp dapat meningkatkan kemampuan memahami unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai religius dalam cerpen. Peningkatan kemampuan memahami unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai cerpen dapat dilihat berdasarkan pengamatan terhadap proses pembelajaran dan pengamatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran memahami unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai religius dalam cerpen “Robohnya Surau Kami” karya A.A. Navis dan cerpen “Sungai” karya Nugroho Noto Susanto


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pasehulisan, P., Wardarita, R. ., & Missriani, M. (2021). Peningkatan Pemahaman Unsur-Unsur Intrinsik dan Nilai-Nilai Religius dalam Cerpen Melalui Pembelajaran Aplikasi Grup Whatsapp . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6009–6016. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1901
Section
Articles of Research

References

Afnibar., & Dyla, F. N. (2020). Pemanfaatan WhatsApp sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi Terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. Al Munir: Jurnal Pendidikan 11 (1)

Aproka, M. (2020). Pendidikan Nilai Religius pada Novel Sandiwara Langit Karya Abu UMar Basyier. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 4 (2), 25-29.

Arizal, J. (2018). Analisis Nilai Religius dalam Novel Ketika Mas Gagah Pergi Karya Helvy Tiana Rosa. Ansiru PAI: Jurnal 3(1), 73-81.

Elianur, C. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp sebagai Sarana Diskusi Antara Pengawas dan Guru Pendidikan Agama Islam. As-Salam: Jurnal 1 (2), 1-14

Endraswara, S. (2019). Metode Pengajaran Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Herfanda, A. Y. (2012). Membentuk Karakter Siswa dengan Pengajaran Sastra. Tuturan: Jurnal Pendidikan Bahasa Sekolah Pascasarjana. 1(1), 1-13.

Leha, N. (2017). Kajian Nilai Religius pada Mahidin Karya Jhon Tralala. Senasbasa: Prosiding. 1 (1) 265-274.

Navis, A. A. (2010). Robohnya Surau Kami. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Novianti, N., & Sirojul, M. (2017). Nilai Religius dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Literasi: Jurnal. 1 (2), 73-81.

Nurgiyantoro. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup Whatsapp sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri. 10 (2).

Safitri, N. V. & Candra, R. W. P. (2021). Nilai Religius dalam Novel Titip Rindu ke Tanah Suci Karya Aguk Irawan: Kajian Sosiologi Sastra. Alenia: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10 (1), 26-36.

Susilawati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup WhatsApp. Raflesia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05 (03), 1-25.

Tarigan, H. G. (2015). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: PT Angkasa

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>