Dampak Industrialisasi Pedesaan dalam Ketahanan Sosial Masyarakat Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Article Content

Siska Serly Novar
Nilda Elfemi
Waza Karia Akbar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya proses industrialisasi dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Sehingga hal ini membawa perubahan struktur sosial yang dapat memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat yang dapat menimbulkan terjadinya perubahan pola interaksi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui dampak industrialisasi pedesaan dalam ketahanan sosial masyarakat Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian pada penelitian ini berjumlah 10 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam serta studi dokumen. Dalam penelitian ini unit analisisnya adalah kelompok. Penelitian ini menggunakan analisis data yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya industrialisasi pedesaan memberikan dampak pada kehidupan masyarakat, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positifnya meliputi terjadinya perubahan pola pekerjaan, terciptanya pola pekerjaan baru, terjadinya perubahan pola pikir tentang pendidikan, dan mengurangi pengangguran. Sedangkan dampak negatifnya meliputi pencemaran lingkungan, konsumemerisme, dan terjadinya perubahan pola interaksi. Adanya industrialisasi pedesaan dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial terutama pada pola interaksi masyarakat. Hal ini dapat dilihat pada interaksi masyarakat yang sudah mulai memudar yang disebabkan karena kesibukan bekerja di sektor indutstri. Untuk dapat menjaga ketahanan sosial, masyarakat dapat memberikan kontribusi partisipasi berupa uang seperti membeli makanan untuk kebutuhan konsumsi masyarakat yang bergotong royong. Dapat dikatakan bahwa masyarakat dapat menjaga ketahanan sosial dalam menghadapi perubahan sosial. Masyarakat Nagari Kasang juga mampu menyesuaikan dirinya dalam menghadapii perubahan sosial yang muncul akibat dari proses industrialisasi yang ada di Nagari Kasang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Novar, S. S. ., Elfemi, N. ., & Akbar, W. K. . (2021). Dampak Industrialisasi Pedesaan dalam Ketahanan Sosial Masyarakat Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6017–6023. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1902
Section
Articles of Research

References

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Lincolin, Arsyad, dkk. (2011). Strategi Pembangunan Perdesaan Berbasis Lokal. Yogyakarta: STIM YKPN.

Moleong, Lexy. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Mohammad. (2015). Perubahan Sosial Masyarakat Agraris Ke Masyarakat Industri Dalam Pembangunan Masyarakat Di Kecamatan Tamalate Makassar. Jurnal Bina Praja, Vol. 7 No. (4), Hlm 311-322.

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Padmiati, Etty. (2013). Menuju Masyarakat Berketahanan Sosial Melalui Pemberdayaan Lembaga Sosial Lokal di Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal PKS, Vol. 12 No. (3), Hlm 263-275.

Raho, Bernard. (2016). Sosiologi. Yogyakarta: Ledalero.

Setiadi, Elly dan Usman Kolip. (2011). Pengantar Sosiologi: Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial, Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana Preneda Media Group.

Tanzenia, Febli. (2012). Marginalisasi Perempuan Dalam Industrialisasi Pedesaan (Studi Kasus: Desa Cikarawang dan Desa Tarikolot Kabupaten Bogor Jawa Barat. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Wijaya, Hengki. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.