Kajian Terhadap Komunikasi Daring PPID di Pemerintah Kota Solok

Main Article Content

Suprapti Ariandayani
Emeraldy Catra
Asrinaldi Asrinaldi

Abstract

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi atau yang disingkat dengan PPID memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengelola dan menyediakan informasi publik. Dasar hukum pelaksanaan tugas tersebut diatur dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. PPID utama berada di Dinas Komunikasi dan Informatika, sedangkan PPID Pembantu berada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hambatan yang dihadapi PPID Pemerintah Kota Solok dalam menyediakan informasi Publik. Penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan yang dihadapi PPID dalam menyediakan informasi publik antara lain : belum ada regulasi yang mengatur tentang Daftar Informasi Publik apa saja yang harus disediakan oleh masing-masin PPID Pembantu, PPID Pembantu tidak mengetahui jumlah target Daftar Informasi Publik yang harus dicapai dalam satu tahun dan Sosialisasi yang dilakukan tentang PPID terhadap PPID Pembantu masih kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ariandayani, S. ., Catra, E. ., & Asrinaldi, A. (2021). Kajian Terhadap Komunikasi Daring PPID di Pemerintah Kota Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6024–6029. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1908
Section
Articles of Research

References

Abidin, Yusuf Zainal. 2016. Komunikasi Pemerintahan. Jawa Barat : CV. Pustaka Setia.

Anggito, Abi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi : CV Jejak

Effendi, Onong Uchjana. 2014. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhammad, Arni. 2017. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara

Pace, R. Wayne and Don F. Faules. 2010. Komunikasi Organisasi : Strategi meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ruliana, Poppy. 2014. Komunikasi Organisasi Teori dan Studi Kasus. Jakarta : Rajawali Pers

Silalahi, Ulbert. 2007. Studi Tentang Ilmu Perencanaan Pembangunan. Bandung: Sinar Baru Algesindo