Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Esnirani Rani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Wening Rahayu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1920

Keywords:

youtube, anak usia dini, media pembelajaran, covid-19

Abstract

Covid-19 merupakan virus yang hampir melanda seluruh dunia. Virus ini merupakan virus yang sangat cepat menular, sehingga pemerintah mengeluarkan peraturan untuk menjaga jarak, dan mengurangi aktifitas diluar rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis situasi pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 dengan menggunakan video youtube serta menganalisis tingkat kreatifitas guru dalam penggunaan video youtube untuk pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini di RA Al Muttaqin Jati Bening Baru, Bekasi. Menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka secara langsung tidak dilaksanakan disekolah ini. Karena kota Bekasi ditetapkan sebagai zona merah. Pembelajaran secara daring dipilih sebagai jalan alternatif supaya pembelajaran tetap dapat terlaksana tanpa melibatkan interaksi langsung antara guru dan Anak Usia Dini. Pembelajaran secara daring akan tetap dilaksanakan selama penularan Covid-19 semakin meningkat. Youtube adalah  aplikasi yang banyak diminati oleh pengguna internet di Indonesia karena merupakan  sumber media pembelajaran. Penggunaan Video Youtube  untuk Pembelajaran lebih  mudah dipahami anak dan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Namun demikian, kreatifitas guru dalam menggunakan youtube untuk pembelajaran harus ditingkatkan. Apabila guru tidak mempunyai kreatifitas dalam menciptakan konten video pembelajaran yang menarik maka anak akan bosan belajar maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Indikator pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 juga terletak pada peran anak  sebab interaksi dapat terjalin apabila anak aktif pada saat pembelajaran. Selain itu dukungan orangtua, jumlah kuota jangan minimalis, terutama fasilitas pemerataan jaringan dan stabilisasi jaringan sehingga pembelajaran anak dimasa pandemi Covid-19 dapat berjalan dengan lancar.

References

Brillianing,P.,dan Hapsari, K.P. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia . Jurnal sekolah dasar , 282-289.

Bidzam-Bluma, I. l. (2018). Phisycal activity and cognitive functioning of children.

faigah , f., Nadjib M., Amir,Andi subhan. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassar. Dalam kareba,file://C:users /A455L/downloads /1905-3324- 1-SM (3).pdf (hal.123).

Indonesia /Ristekdikti. (2016). kemampuan memanfaatkan teknologi sangat diperlukan untuk menyelenggrakan pembelajaran yang menarik,efektif,efisien dan mengembangkan aspek perkembangan anak secara optimal.

Ihsanuddin. (2020). Fakta lengkap kasus pertama virus korona di indonesia kompas .com.

khasanah, D. R. A, U .,Pramudibyanto, H.,& Widuroyekti,b. (Pramudibyanto). Pendidikan Dalam Masa Pendemi Covid-19. Jurnal sinestesia , 41-48.

Mukarromah,titik. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Dini Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak.IAIN Metro.

Nunut suryani, Ahmad Setiawan, Aditin Putria . (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembanganya.

Riyanto,A. D. (2019). hootsuite (we are social). Diambil kembali dari https://Andy link//hoosuite-we-are-social-Indonesia-digital-report-2019

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Gaster , 191-205.

Samosir, F. T., et al. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa . Record and library journal , 81-91.

Sari. (2019). Degradasi moral dan pelangaran- pelanggaran terhadap norma-norma etis yang berlaku umum sering terjadi seiring perkembangan internet dalam kehidupan manusia.

Sari, (2020). Upaya menaikkan kualitas pendidan dengan pemanfaatan youtube sebagai media ajar 'sebagai media ajar pada masa pandemi covid-19. jurnal tawadhu , 1074- 1084.

Watini,Sri. (2019a). Implementasi model pembelajaran Sentra pada TK STAI Bani Seleh Bekasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 110-123.

Watini, Sri. (2019b). Strategi Pembelajaran Nilai-nilai Agamadi Raudhatul Atfal Assuada Cijerah Bandung. Journal of IslamicEducation , 73-90.

Downloads

Published

26-09-2021

How to Cite

Rani, E., & Rahayu, W. (2021). Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6150–6156. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1920

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check