Analisis Waktu Tunggu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Kbumen II

Main Article Content

Annisa Siwi Maharani
Firda Fitri Hidayah
Rizkia Murni Yulianti

Abstract

Salah satu indikator pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien. Pasien akan merasa puas jika pelayanan yang diterima sesuai dengan harapan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah waktu tunggu. Faktor penyebab lama waktu tunggu dokumen rekam medis adalah kurangnya sumber daya manusia dan ketepatan petugas rekam medis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu penyediaan dokumen rekam medis dengan kepuasan pasien di Puskesmas Kebumen II. Metode penelitian yang dilakukan adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian dan wawancara yang dilakukan di Puskesmas II Kebumen pada bulan Mei dan Juni 2021 didapatkan 62 responden yang terdiri dari 2 orang petugas rekam medis dan 60 pasien. Tunjukkan bahwa waktu tunggu pengambilan rekam medis rata-rata 25.27 menit dengan sebagian besar waktu cepat (<30 menit) sebesar 68,33%. Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kebumen II didukung dengan 5 aspek kualitas pelayanan yaitu realibility, tangible, responsiveness, assurance, empati. Sehingga pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maharani, A. S. ., Hidayah, F. F. ., & Yulianti, R. M. . (2021). Analisis Waktu Tunggu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Kbumen II . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6157–6161. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1923
Section
Articles of Research

References

Imam.AT,Suryani.DL.Manajement Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance. Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan. 2017.

Kemenkes RI (2019).Peraturan Menteri Kesehatan.Nomor 43. Tentang Puskesmas. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes RI (2008).Peraturan Menteri Kesehatan. No 269. Tentang Pengertian Rekam Medis RI.

Kemenkes RI (2008). Peraturan Menteri Kesehatan. No 129. Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kemenkes RI.

Laeliyah, Nur, and Heru Subekti. 2017. “Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu.” Jurnal Kesehatan Vokasional 1(2):102. doi: 10.22146/jkesvo.27576.

Ritonga, Zulham Andi, Alan Juli Wannara, Program Studi, D-iii Perekam Medis, and Universitas Imelda Medan. 2020. “Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Waktu Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan Di RSU Madani Tahun 2019.” Ilmia Perekam Medis Dan Informasi Kesehatan 5(1):85–97.

Valentina. 2020. “Hubungan Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Dengan Kepuasan Pasien Pada Bagian Pendaftaran Di Rumah Sakit Umum Permata Bunda Medan.” Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda 5(1):40–44.