Perbedaan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Swastataman Siswa Binjai dengan Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Mardiati Mardiati
Surya Wibawa
Arsip Perangi- Angin
Sri Zulhayana
Irwan Irwan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan minat belajar matematika siswa kelas X SMA Swasta Tamansiswa Binjai dengan model pembelajaran daring dan pembelajaran luring pada masa pandemi CoVid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Swasta Tamansiswa Binjai. Dengan teknik Random Sampling, diperoleh kelas X IPA-1 sebagai sampel penelitian dengan jumlah sampel 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari angket minat belajar matematika dengan pembelajaran daring dan pembelajaran luring yang telah dilakukan uji validasi instrumen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan analytical survey. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh presentase komulatif angket minat belajar dengan pembelajaran daring sebesar  67% dan presentase komulatif pada angket minat belajar dengan pembelajaran luring sebesar 75,7%. Dari hasil uji-t dua pihak disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar matematika siswa kelas X SMA Swasta Tamansiswa Binjai dengan model pembelajaran daring dan model pembelajaran luring pada masa pandemi CoVid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mardiati, M., Wibawa, S., Angin, A. P.-., Zulhayana, S., & Irwan, I. (2021). Perbedaan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Swastataman Siswa Binjai dengan Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6196–6202. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1932
Section
Articles of Research

References

Agus Purwanto, R. P. (2020). Studi Eksploratif Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajarn Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns journal, 1-12.

Ananda, E. D. (2011). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI

Arsyad, A. (1997). Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Firman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi CoVid-19. Indonesia Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Jamil, S, H., & Invony, D, A,. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik covid-19. BAJ (Behavioral Accounting Journal)

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 1-8.

Purwanto, A. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns, 1-11.

Putranti, N. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmood. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 139-147.

Sadikin, A., & Afreni, H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&N. Bandung: ALFABETA.