Pola Komunikasi Sekolah dengan Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Authors

  • Muhamad Yasin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Hamzanwadi , Indonesia
  • Aswasulasikin Aswasulasikin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Hamzanwadi , Indonesia
  • Dina Apriana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Hamzanwadi , Indonesia
  • Muhammad Sururuddin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Hamzanwadi , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1945

Keywords:

Pola, Komunikasi, Komite, Mutu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi sekolah dengan komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Alasan peneliti hanya ingin mendeskripsikan suatu kejadian sesuai dengan keadaan yang dialami langsung oleh subjek peneliti serta menyajikan sumber data tersebut kedalam sebuah bentuk uaraian kata-kata tentang upaya pola komunikasi sekolah dengan komite sekolah terhadap mutu pendidikan. Dalam teknik pengumpulan data, penelitian ini memfokuskan menggunakan wawancara mendalam (in-depth interview) yakni proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dan informan, dimana keduanya terlibat dalam kehidupan sosial yang relatif lama. Berdasarkan hasil wawancara dengan informan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang dilakukan adalah pola komunikasi interpersonal. Hal ini dapat dilihat dari komunikasi intens yang dilakukan kepala sekolah dengan ketua komite saja atau wakil komite sekolah saja. Sehingga peran dan fungsi serta tugas pokok komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan masih lah kurang.

 

References

Aswasulasikin, A. (2009). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN SEKOLAH DASAR DI PERIGI KECAMATAN SUELA LOTIM NTB. Educatio, 4(2), 84–100.

Aswasulasikin, A., Dwiningrum, S. I. A., & Sumarno, S. (2015). Tuan Guru Sebagai Tokoh Pembangunan Pendidikan di Pedesaan. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 1–10.

Dwiningrum, S. I. A., Nahdi, K., Aswasulasikin, D. R. S. S., & Rukiyati, E. S. (2020). SCHOOL STRATEGIES IN STRENGTHENING STUDENT RESILIENCE IN DISASTER-PRONE AREAS. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 720–732.

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2).

Hartani, A. L. (2011). Manajemen Pendidikan. Laksbang PRESSindo.

Mulyasa, E. (2003). Menjadi kepala sekolah profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK.

Mursidi, A. (2010). Pengelolaan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Islam Al Azhar 29 Semarang. IAIN Walisongo.

Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, S. (2016). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, (3), 95578.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan. RajaGrafika Persada.

Ningsih, K. D., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). PENGARUH KOMITE SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 1–14.

Purnomo, W. S. A. (2019). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH SD MUHAMMAYDIYAH 4 KOTA MALANG. Universitas Muhammadiyah Malang.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Suryosubroto, B. (2004). Manajemen pendidikan di sekolah. Rineka Cipta.

Wardiah, S. (2015). Strategi komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 1 Lhoknga. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(2).

Downloads

Published

22-09-2021

How to Cite

Yasin, M., Aswasulasikin, A., Apriana, D. ., & Sururuddin, M. . (2021). Pola Komunikasi Sekolah dengan Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6305–6312. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1945

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check