Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang

Authors

  • Dinda Nur Fahira Universitas Muhammdiyah Riau, Indonesia
  • Efa Agustina Universitas Muhammdiyah Riau, Indonesia
  • Muhammad Qurhtuby Universitas Muhammdiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1958

Keywords:

Digital Marketing, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Social Media

Abstract

Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran digital, terutama media sosial, bagi para pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan dan laba mereka. Dihadiri oleh peserta : NARATTAKIDS (distributor baju anak), BUNGA MAWAR FRESH PEKANBARU (usaha buket bunga segar, snack, dan buket uang), dan TIRTAHANA STORE (toko pakaian bekas).  metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan edukasi secara virtual (Webinar) dan terjun langsung untuk membantu proses implementasi pemasaran digital, metode ini merupakan kegiatan pengembangan kemampuan dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki. praktik langsung yang lakukan yaitu membuat akun media sosial (Instagram, Facebook, dll), marketplace (Shopee, Tokopedia, Lazada, dll)  dan cara membuat produk terlihat menarik bagi pembeli dengan cara melakukan pemotretan produk menggunakan kamera profesional. Hasil observasi yang dilakukan oleh para anggota KKN Kelompok 9 menunjukkan bahwa pelaku usaha UMKM secara keseluruhan aktif dalam menggunakan media sosial sebagai alat promosi mereka akan tetapi masih terlalu pasif dalam mengimplementasikan promosi digital dalam bentuk foto katalog yang sudah bekermbang karena kurangnya pemahaman tentang teknologi dan ketrampilan. Semua peserta menunjukkan minat besar untuk menggunakan pemasaran media sosial secara terus menerus untuk meningkatkan penjualanan mereka

References

Aufar (2014:8). Kementrian Koperasi dan UMKM

Nikmah, O. F. 2017. Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47–56.

Prabowo, W. A. 2018. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112.

Pradiani, T. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. 46 Jibeka, 11(2), 46–53.

Fina Fitriyana, Anum Nuryani, Tati Rosyati, Yolanda Gusvia. Pelatihan Pemanfaatan Marketplace UMKM Dalam Masa Pendemi. Vol 2, No 2 Mei 2021.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Bab 1 Pasal 1. Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro.

Downloads

Published

23-09-2021

How to Cite

Fahira, D. N. ., Agustina, E. ., & Qurhtuby, M. . (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 63–68. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1958

Issue

Section

Articles of Community Service

Citation Check