Pendistribusian Hasil Tangkapan Ikan (Tinjauan Sosioloigi Ekonomi tentang Nelayan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai)

Main Article Content

Rasidin Rasidin
Sri Rahmadani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pendistribusian hasil tangkapan ikan nelayan Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengidentifikasi aktor yang terlibat dalam pendistribusian hasil tangkapan ikan nelayan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. 2) untuk mendiskripsikan pendistribusian hasil tangkapan ikan nelayan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori strutural fungsional yang dikemukakan oleh Talcott Parson. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah 16 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dengan model analisis data yang interaktif (miles dan huberman) yang mencakup empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) aktor yang terlibat dalam pendistribusian hasil tangkapan ikan nelayan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, nelayan dan keluarga, penampung besar, penampung kecil. 2). Pendistribusian hasil tangkapan ikan nelayan Sioban proses pendistribusiannya masih tradisional dengan rantai pasok: (a) nelayan-konsumen (b) nelayan-penampung kecil (c) nelayan-penampung besar-toke/agen-konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rasidin, R., & Rahmadani, S. . (2021). Pendistribusian Hasil Tangkapan Ikan (Tinjauan Sosioloigi Ekonomi tentang Nelayan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6415–6422. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1961
Section
Articles of Research

References

Ahmadi, A. (2003). Ilmu Sosial Dasar. PT RINEKA CIPTA.

Burhan, B. (2008). Penelitian Kualitatif. Kencana Pradana Media Group.

Damsar. (2005). Sosiologi Pasar. Laboratorium Sosiologi FSIP Unand.

Damsar & Indrayani. (2018). Pengantar Sosiologi Ekonomi. PRENADAMEDIA GROUP.

Miles dan Hubermen. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Dan R&S. Alfabet.

Weber, M. (1964). The Sosial and Ekonomic Organisation. Free Press.