Pengaruh Program E-Samsat terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus UPPD Kabupaten Sragen)

Authors

  • Agus Setiyawan Akuntansi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia
  • Fadjar Harimurti Akuntansi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia
  • Bambang Widarno Akuntansi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia

Keywords:

Program E-Samsat, Kepuasan Kualitas

Abstract

Penelitian ini untuk menguji Pengaruh Program e-Samsat terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening di Samsat Kabupaten Sragen. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif, sumber data adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Kendaraan Bermotor yang tardaftar di kantor Samsat Kabupaten Sragen dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling dan diuji dengan program SPSS 23.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Statistik Deskriptif. Teknik Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif uji asumsi klasik uji regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh 2  kesimpulan yaitu sacara langsung dan tidak langsung. Secara langsung yaitu program e-Samsat berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Secara tidak langsung yaitu dengan kepuasan kualitas pelayanan program e-Samsat berpengaruh negatif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.

Downloads

Published

16-09-2024

How to Cite

Setiyawan, A., Harimurti, F., & Widarno, B. (2024). Pengaruh Program E-Samsat terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus UPPD Kabupaten Sragen). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 39178–39184. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/19647

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check