Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi “Silla” Menggunakan Construct 2 Pada Mata Pelajaran PPKn Materi Pancasila dan Lambang Negara Kelas V SDN 02 Plosoharjo

Authors

  • Marlena Putri Nur Cahyani Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia
  • Siti Supeni Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia
  • Yudhistiro Pandu Widhoyoko Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran, Game “SILLA”, Pancasila dan Lambang Negara, ADD, Black Box

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADD yang mencakup tahapan Analisis, Desain, dan Pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan dalam mengembangkan media pembelajaran serta menilai kelayakan media pembelajaran berbasis Game edukasi materi Pancasila dan Lambang Negara menggunakan Construct 2  mata pelajaran PPKn kelas V SDN 02 Plosoharjo. Pengembangan Game "SILLA" dievaluasi melalui uji coba dengan melibatkan 21 siswa dengan hasil pengujian memperoleh skor 121 dari skor maksimal 126, dikonversi ke skala Likert menghasilkan persentase 96%, yang termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Validasi kelayakan Game juga dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan pendidik. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan persentase rata-rata 88,66%, ahli materi 84%, dan pendidik 83,11%, semuanya dalam kategori "Sangat Layak". Pengujian Black Box Testing menunjukkan bahwa Game "SILLA" memenuhi kriteria validitas.

Downloads

Published

16-09-2024

How to Cite

Cahyani, M. P. N., Supeni, S., & Widhoyoko, Y. P. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi “Silla” Menggunakan Construct 2 Pada Mata Pelajaran PPKn Materi Pancasila dan Lambang Negara Kelas V SDN 02 Plosoharjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 39303–39310. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/19662

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check