Studi Komparatif Perbedaan Motivasi Belajar Siswa dalam Sistem Pembelajaran Luring dengan Daring pada Pembelajaran Sosiologi di SMA N 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok

Main Article Content

Kartika Putri
Harisnawati Harisnawati
Hefni Hefni

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang penulis temukan tentang perbedaan motivasi belajar siswa dalam sistem pembelajaran luring dengan daring di SMAN 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok tahun ajaran 2020/2021. Tujuan pelelitian ini untuk menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa dalam sistem pembelajaran luring dengan daring. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian kausal-komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI IIS SMAN 2 Lembang Jaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji normalitas Kolmogrov-Smirnov satu sampel pada pembelajaran luring menunjukan nilai sig.?? yaitu 0,365?0,05 sehingga data berdistribusi normal, pada pembelajaran daring menunjukan nilai sig.?? yaitu 0,275?0,05 sehingga data berdistribusi normal. Uji homogenitas antara sistem pembelajaran luring dengan daring menunjukan nilai sig.?? yaitu 0,975?0,05 sehingga data homogen. Uji Statistik uji t menunjukkan nilai t0?t?;(db) yaitu 4,611?2,026  sehingga adanya perbedaan motivasi belajar siswa dalam sistem pembelajaran luring dengan daring pada pembelajaran sosiologi.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, K. ., Harisnawati, H., & Hefni, H. (2021). Studi Komparatif Perbedaan Motivasi Belajar Siswa dalam Sistem Pembelajaran Luring dengan Daring pada Pembelajaran Sosiologi di SMA N 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6482–6487. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1968
Section
Articles of Research

References

Ambiyar, Aziz, I., & Melisa. (2020). Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di SMAN 1 Lembah Melintang Dan SMAN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Cendekia: JurnalPendidikan Matematika, 04(02), 1246–1258.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Sudaryono. (2017). Metode Penelitian (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syafril, & Zen, Z. (2012). Pengantar Pendidikan. Padang: Sukabina Press.