PEMANFAATAN LIMBAH ECENG GONDOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 TK ISLAM NUR ALIF

Main Article Content

Rusmiati Rusmiati
Rina Sulistyawati
Ade Husni
Lina Wati
Wening Rahayu -

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah membantu para orang tua yang kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran dikarenakan kurangnya alat atau media yang bisa dipakai sebagai alat bantu belajar anak-anak di rumah. Pemanfaatan limbah eceng gondok diharapkan dapat digunakan untuk media pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di TK Islam Nur Alif. Eceng gondok yang bisa diubah menjadi media pembelajaran salah satunya boneka pintar tentunya sangat memerlukan Kontribusi dan kreativitas dari guru dan orang tua, dimana guru akan mengajarkan dan orang tua membantu mengulang ke siswa. Metode dalam kegiatan ini adalah praktik secara online melalui aplikasi video call whatsapp. Dengan adanya media pembelajaran ini diharapkan siswa lebih tertarik dan tidak jenuh dengan pembelajaran daring, dan guru-guru menjadi terasah kreativitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rusmiati, R., Sulistyawati, R. ., Husni, A. ., Wati, L. ., & -, W. R. (2021). PEMANFAATAN LIMBAH ECENG GONDOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 TK ISLAM NUR ALIF. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6617–6621. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1972
Section
Articles of Community Service

References

Fitria Budi Utami. Pendampingan Sistem Pembelajaran Online Menggunakan Fitur Annote pada Aplikasi Zoom di TK Dzakra Lebah Madu. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, Vol. 2 No. 2, July 2021 - 148. https://doi.org/10.37010/kangmas.v2i2.302.

Juliani Pudjowati, Pemanfaatan Tanaman Enceng Gondok Sebagai Peluang Usaha. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) Vol. 1, No. 2 April 2021, Hal. 65-70. DOI: https://doi.org/10.52436/1.jpmi.15

Musfiroh Takdirotun. 2005. Pendidikan Anak Prasekolah: Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

R.A. Retnoningrum, “Pemanfaatan Enceng Gondok Sebagai Produk Kerajinan: Studi Kasus di KUPP Karya Muda ‘Syarina Production’ Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru,” Journal of Visual Arts. 2014.

Suryono, “Pemanfaatan Enceng Gondok Dan Jerami Sebagai Pakan Ternak Dan Pupuk Alternatif Di Desa Ngargorejo,” PRIMA J. Community Empower. Serv., 2017, doi: 10.20961/prima.v1i1.35149.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.