Peran Ganda Perempuan Single Parent dalam Memenuhi Kebutuhan Sosial di Masyarakat (Studi Kasus Janda sebagai ART di Desa Bojong Leles, Lebak Banten)

Authors

  • Ami Samsiah Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Nurul Hayat Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Yustika Irfani Lindawati Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Keywords:

Peran Ganda Orang Tua Tunggal, Perempuan Janda, Kebutuhan Sosial

Abstract

Skripsi ini memiliki fokus masalah pada peran ganda perempuan single parent dalam memenuhi kebutuhan sosial di masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjabarkan peran ganda perempuan single parent yang bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga dan untuk menjabarkan bagaimana upaya Single parent dalam memenuhi kebutuhan sosial di masyarakat. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa metode studi kasus melalui pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu teori tindakan sosial Max Webber dan didukung juga dengan teori kebutuhan Maslow. Untuk informan dalam penelitian ini yaitu perempuan single parent, anak single parent, keluarga single parent, tetangga single parent, dan majikan single parent. Lokasi penelitian bertempat di Desa Bojong Leles Lebak Banten. Hasil dari analisis penelitian ditemukan adanya peran ganda yang dijalankan oleh perempuan single parent. Cakupan peraan ganda tersebut meliputi peran dalam ranah domestik (menjadi IRT) dan peran dalam publik (ART dan Warga Mayarakat). Kesimpulan dari penelitian ini adalah seorang single parent memiliki batasan waktu dalam mengurus keperluan keluarganya baik dari mengurus anak, rumah, maupun hubungan sosial di masyarakat. Hal tersebut dipengaruhi oleh status baru yang dimilikinya sehingga harus mengatur hidupnya ketika dirinya bekerja, mengurus keperluan anaknya, dan berbaur dengan masyarakat. Akan tetapi single parent berusaha semaksimal mungkin untuk menyeimbangkan itu semua agar kehidupannya tetap berjalan dengan baik. Peran domestik dan peran publik sebisa mungkin dijalankan oleh single parent dengan baik dalam memenuhi kebutuhan sosial di masyarakat.

Downloads

Published

17-09-2024

How to Cite

Samsiah, A., Hayat, N., & Lindawati, Y. I. (2024). Peran Ganda Perempuan Single Parent dalam Memenuhi Kebutuhan Sosial di Masyarakat (Studi Kasus Janda sebagai ART di Desa Bojong Leles, Lebak Banten). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 39722–39744. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/19735

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check