Penerapan Game ”Teka-Teki Silang” pada Media Wordwall dalam Pembelajaran Cerita Fiksi Kelas VIII

Authors

  • Dwi Setyorini Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ngatmini Ngatmini Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Sri Budi Sumarmi SMP Negeri 1 Semarang, Indonesia

Keywords:

Wordwall, Teka-Teki Silang, Media Pembelajaran, Cerita Fiksi

Abstract

Media pembelajaran dan teknologi memiliki peranan penting dalam pembelajaran pada abad-21. Keduanya mempunyai pendekatan pembelajaran yang lebih dinamis, interaktif, dan beragam. Media Wordwall merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dipilih dari banyaknya media pembelajaran interaktif yang dapat menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih bervariasi dan tidak membosankan bagi peserta didik serta guru. Penggunaan Wordwall sebagai sarana media pembelajaran yang dapat menjadikan kegiatan pembelajaran lebih interaktif. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menjabarkan bagaimana penelitian berlangsung, faktor-faktornya, hasil yang diperoleh, serta masalah yang dihadapi peserta didik saat proses belajar mengajar pada materi cerita fiksi menggunakan media Wordwall. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan penerapan media Wordwall sebagai sarana media pembelajaran cerita fiksi pada kelas VIII SMP N 1 Semarang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Semarang tentang penerapan Game Teka-Teki Silang pada Media Wordwall sebagai penunjang pembelajaran materi cerita fiksi, menunjukkan bahwa peserta didik mengikuti pembelajaran dengan baik dan menyenangkan.

Downloads

Published

24-09-2024

How to Cite

Setyorini, D., Ngatmini, N., & Sumarmi, S. B. (2024). Penerapan Game ”Teka-Teki Silang” pada Media Wordwall dalam Pembelajaran Cerita Fiksi Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 40012–40018. Retrieved from http://jptam.org/index.php/jptam/article/view/19809

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check