Pemberdayaan UMKM Berbasis Teknologi & Informasi di Kelurahan Maharani

Authors

  • Fuad Latif Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Dilla Annisa Putri Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Yona Amanda Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Nadila Ramadhania Putri Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Rahayu Wulandari Program Studi Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Januar Al Amien Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1986

Keywords:

Pemberdayaan, UMKM, Teknologi, Informasi

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun daerah. Peran penting tersebut telah mendorong banyak negara termasuk Indonesia untuk terus berupaya mengembangakan UMKM. Maharani adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Rumbai Barat, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia. Pemberdayaan dilakukan di kelurahan Maharani adalah dengan menggunakan teknologi yang terkini untuk membantu memasarkan produk seperti E-commerce, Marketplace, dan Social Media. Metode Penelitiaan menggunakan metode PDCA (Plan, Do, Check, Act) yaitu suatu proses sederhana yang dilakukan untuk terus menerus mendukung peningkatan ke arah perbaikan. Potensi wilayah di Maharani memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti tanaman ubi, wilayah tersebut memiliki lahan yang luas dan subur, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi sumber bahan baku dalam keripik ubi.

References

Arianto, B. “Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19.” Atrabis J. Adm. Bisnis Vol. 6 No. 2, 2020: 233 - 247.

Arisandi, M. T Febriyantoro dan D. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.” JMD J. Ris. Manaj, Bisnis Dewantara Vol. 1 No.2, 2018: 61 - 76.

Fauzi, R. Kartika dan A. “Promosi Penjualan UMKM "Keripik Singkong Jajalon" Mellaui Market Place 'Shope' .” Vol.1 No. 1, 2021: 35 - 41.

Khabibah, Siti Maria Ulfa. “Struktur Modal Pada UMKM Tahu di Kelurahan Tinalan Gang IV Kota Kediri.” Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020.

Downloads

Published

02-10-2021

How to Cite

Latif, F. ., Putri, D. A., Amanda, Y. ., Putri, N. R. ., Wulandari, R. ., & Amien, J. A. . (2021). Pemberdayaan UMKM Berbasis Teknologi & Informasi di Kelurahan Maharani . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 83–90. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1986

Issue

Section

Articles of Community Service

Citation Check