Analisis Tingkat Kesehatan Keuangan UPK Kecamatan Sruweng terhadap Rata-Rata Tingkat Kesehatan UPK Se Kabupaten Kebumen Periode Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19 (2019-2020)

Main Article Content

Tuti Zubaedah
Wakhid Yuliyanto

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebar ke berbagai negara salah satunya negara Indonesia. UPK (Unit Pengelola Kegiatan) merupakan program pemberdayaan masyarakat yang salah satu fokusnya adalah pengembangan ekonomi diperdesaan. Akan tetapi semenjak terjadi pandemi Covid-19 banyak sektor-sektor pada perusahaan atau lembaga yang berdampak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat kesehatan keuangan UPK Kecamatan Sruweng sebelum dan sesudah pandemi, apakah pandemi Covid-19 berdampak pada tingkat kesehatan keuangan UPK Kecamatan Sruweng dan perbandingan tingkat kesehatan keuangan UPK Kecamatan Sruweng dibandingkan dengan rata-rata tingkat kesehatan UPK Se Kabupaten Kebumen. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan membandingkan tingkat kesehatan keuangan UPK sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 yaitu periode tahun 2019 dan 2020. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan menggunakan pendekatan analisis rasio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesehatan keuangan UPK Kecamatan Sruweng mengalami penurunan dibandingkan dengan sebelum pandemi, hal ini berdampak terhadap tingkat kesehatan keuangan UPK Kecamatan Sruweng karena terjadi penurunan total bobot nilai tingkat kesehatan dari 92,5 menjadi 76,25. Namun UPK Kecamatan Sruweng masih tergolong cukup sehat dibandingkan dengan rata-rata tingkat kesehatan UPK Se Kabupaten Kebumen karena total bobot nilai tingkat kesehatan masih diatas 62,5-87,5. Hasil rata-rata tingkat kesehatan UPK Se Kabupaten Kebumen sebelum dan sesudah pandemi menunjukkan total bobot nilai tingkat kesehatan dari 57,16 menjadi 47,63.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zubaedah, T. ., & Yuliyanto, W. . (2021). Analisis Tingkat Kesehatan Keuangan UPK Kecamatan Sruweng terhadap Rata-Rata Tingkat Kesehatan UPK Se Kabupaten Kebumen Periode Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19 (2019-2020). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6592–6602. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1990
Section
Articles of Research

References

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Agustina, Sixta. 2008. “ANALISIS TINGKAT KESEHATAN KEUANGAN KOPERASI SIMPAN PINJAM (Studi Kasus Pada Koperasi Kredit Warsiseto Kabupaten Lebak).”

Asriani, Desri. 2019. "Analisis Kinerja Keuangan Pada UPK Batu Batikam Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar."

Apriyanto, Wawan. 2009. “Analisis Tingkat Kesehatan Lembaga Unit Pengelola Kegiatan: Studi Kasus Pada UPK PNPM Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen.”

Idris, Muhammad. 2017. “Analisis Kinerja Keuangan Unit Pengelola Keuangan Pada Badan Keswadayaan Masyarakat Atau Lembaga Keswadayaan Masyarakat Sebelum Dan Sesudah Pemberhentian Dana PNPM Mandiri Perkotaan Di Kabupaten Bantul.”

Toroima. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kondisi Dan Kinerja Keuangan Fungsi Maritime Training Center PT. Pertamina (Persero).” Laporan Kerja Praktik: 1–32.

Violandani, Deva Sari. 2021. “Analisis Komparasi Rasio Keuangan Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Terbuka Yang Terdaftar Pada Indeks Lq45.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

WICAKSONO, G. H. (2014). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN METODE RASIO KEUANGAN PADA PERUSAHAAN SEMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Kasus Pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk Yang Terdaftar Di BEI). 1–19.

http://dinaspmd.kalsel.go.id/2015/03/keberadaan-unit-pengelola-kegiatan-upk-pnpm-mpd-dengan-diberlakukannya-uu-no-6-tahun-2014/

http://upkpnpmmdkebumen.blogspot.com/p/kecamatan-sruweng.html?m=1

https://bali.idntimes.com/health/medical/denny-adhietya/asal-muasal-dan-perjalanan-virus-corona-dari-wuhan-ke-seluruh-dunia-regional-bali

https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi COVID-19 di Indonesia