Model Rancangan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik (Studi pada kelas X MIPA 2 SMAN 1 Enam Lingkung)

Authors

  • Ranti Putri Ningsih Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Fitria Kasih Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Septya Suarja Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2002

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Kemandirian Belajar, Metode Diskusi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kemandirian belajar peserta didik yang masih rendah dan masih adanya Guru Bimbingan Konseling yang belum menggunakan metode yang bervariasi dalam melaksanakan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Profil kemandirian belajar peserta didik, 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh guru BK menggunakan metode diskusi, 3) Model rancangan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi dalam membantu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan mixed method. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 36 partisipan. Sedangkan penelitian kualitatif, informan kunci penelitian yaitu 1 Guru Bimbingan Konseling kelas X MIPA 2 dan 2 orang informan tambahan. Instrumen yang digunakan yaitu berupa Angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan diolah melalui teknik presentase. Untuk analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kemandirian belajar peserta didik secara umum sudah berada pada kategori cukup tinggi, namun pelaksanan BKP masih belum bervariasi. Model rancangan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode diskusi dalam membantu meningkatkan kemandirian belajar disusun berdasarkan data dan pelaksanaan bimbingan kelompok oleh guru BK. Dari hasil penelitian ini maka dapat direkomendasikan agar Guru BK bisa melakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan beberapa metode yang terdapat di Bimbingan dan Konseling.

References

Arikunto, suharsimi. (2014). Ihtisar Bimbingan dan Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Hidayati, R. (2013). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Stimulus Control untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling (2) ISSN 2252-6889.

Lesmana Gusman, (2021). Penyusun Perangkat Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: KENCANA.

Nurihsa, A.J. (2009). Strategi layanan bimbingan dan konseling. Bandung: Refika Aditama

Suciati Wiwik, (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Bandung: Rasi Terbit.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wahyuningrum, A., dkk (2017). Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa MTs. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling. Vol 5 (2).

Downloads

Published

12-10-2021

How to Cite

Putri Ningsih, R., Kasih, F., & Suarja, S. (2021). Model Rancangan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik (Studi pada kelas X MIPA 2 SMAN 1 Enam Lingkung) . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6827–6833. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2002

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check