Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Wakatobi pada Materi Mollusca

Main Article Content

Veni Rosnawati
Sunaryati Sunaryati

Abstract

Materi biologi banyak mengandung konsep-konsep abstrak dan fenomena yang memerlukan observasi sehingga menuntut proses pembelajaran kontekstual. Sehingga untuk mengakomodasi hal tersebut dibutuhkan sumber belajar dengan visualisasi gambar dan tulisan yang memudahkan bagi siswa dengan mengintegrasikan materi dengan potensi lokal yang ada dalam bentuk ensiklopedia. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian dengan judul Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Wakatobi pada Materi Mollusca. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan ini mengikuti desain yang dikembangkan oleh Dick dan Carey (1996) yaitu Model ADDIE dengan langkah-langkah pengembangan terdiri atas tahapan analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini bertujuan menghasilkan Ensiklopedia sebagai sumber belajar yang memiliki spesifikasi dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Baubau yang bertempat di Jl. Betoambari, No 146, Kec. Murhum, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Penelitian dan pengembangan dilakukan dari bulan Juli sampai bulan Oktober 2021. Subyek penelitian adalah guru biologi dan peserta didik kelas X IPA 7 SMA Negeri 4 Baubau. Guru dan peserta didik dijadikan subjek uji coba enksiklopedia untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan Ensiklopedia yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Wakatobi Pada Filum Mollusca yang dikembangkan memiliki spesifisikasi dengan kiritera mutu (standar) buku non teks. Dan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan skor (4,56), kriteria kepraktisan dengan skor respon guru (4,18) dan respon siswa (4,07), serta Keefektifan dengan (85,370), sehingga media Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Wakatobi dapat digunakan sebagai Sumber Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rosnawati, V. ., & Sunaryati, S. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Wakatobi pada Materi Mollusca. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6622–6632. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2003
Section
Articles of Research

References

Faridah, L. A., Purnomo, T., & Ambarwati, R. 2014. Pengembangan Ensiklopedia Dan LKS Invertebrata Laut Untuk Pembelajaran Biologi. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(3), 580–588.

Hala, Y. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Konsep Ekosistem Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal Of Educational Science And Technology (EST), 1(3).

Hidayat, A., Saputro, S., & Sukardjo, J. S. (2015). Pengembangan media pembelajaran ensiklopedia hukum-hukum dasar kimia untuk pembelajaran kimia kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 47–56.

Navy, A. 2014. Manajemen Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sains (Studi Kasus Di Pratomseksa (SD) Sassanasuksa Thailand). Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4), 388–395.

Prihartanta, W. 2015. Ensiklopedia Umum (Nasional). Jurnal Adabiya, 5(85), 1–14.

Rizky, R. A., & Maryam Isnaini D. 2017. Pengembangan Ensiklopedia Sumber Daya Alam Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Jajartunggal III Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. JPGSD, 06 (03), 1-223.

Rosnawati, V., & Kaharudin, L. ode. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Yang Terdapat Di Wakatobi Pada Materi Pokok Animalia Invertebrata (Mollusca Dan Echinodermata). JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 84. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i1.12055

Santrock, J. W. (2008). Educational Psychology Edition 3. New York: McGraw-Hill Companies.

Sulistiyawati, S., & Hedianti, R. 2016. Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Laboratorium Biologi Sebagai Sumber Belajar IPA Biologi Untuk Siswa Kelas VII SMP/Mts. Dalam Prosiding Seminar Biologi (Vol. 12, Hlm. 77–84).

Wahyudin, Sutikno, & A, I. 2016. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1)

Wismarini, T. D., Santoso, D. B., & Ningsih, D. H. U. 2012. Elektronik Ensiklopedi Tanaman Herba Sebagai Bank Data Digital Tanaman Obat. Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, 17(2).

Yugiatno, W., & Sofyan, H. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Kompetensi Dasar Mengoperasikan Software Basis Data Untuk Smk Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (3), 391-404.