Pembagian Kerja Petani Penggarap Sawah di Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar

Authors

  • Siti Nurhafizah Program Studi Pendidikan Sosiologi, STKIP PGRI Sumatera Barat , Indonesia
  • Isnaini Isnaini Program Studi Pendidikan Sosiologi, STKIP PGRI Sumatera Barat , Indonesia
  • Yenita Yatim Program Studi Pendidikan Sosiologi, STKIP PGRI Sumatera Barat , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2010

Keywords:

Gender, Nature, Pembagian Kerja, Petani Penggarap Sawah

Abstract

Pembagian kerja merupakan suatu hal yang sudah biasa dalam kehidupan masyarakat agar menjadi lebih stabil, terarah, dan teratur. Pembagian kerja ada yang didasarkan keahlian dan kemampuan fisik. Tak terkecuali pada petani penggarap sawah di Nagari Padang Ganting, mereka membagi pekerjaan secara seksual yang mengakibatkan perempuan mendapatkan pembagian kerja yang sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembagian kerja petani penggarap sawah di Nagari Padang Ganting. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Petani penggarap laki-laki lebih banyak terlibat ketika proses pengolahan tanah dan panen, sedangkan perempuan terlibat pada proses penanaman padi dan perawatan padi. Pembagian kerja dilakukan dengan cara ditentukan oleh pemilik sawah, kepala rombongan, dan inisiatif dari petani penggarap itu sendiri. Pembagian kerja ini sudah dilakukan secara turun-temurun dan dipengaruhi oleh perbedaan tenaga antara laki-laki dan perempuan yang juga dipengaruhi oleh stereotipe maskulin dan feminim yang disosialisasikan oleh masyarakat itu sendiri.

 

References

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Budiman, A. (1981). Pembagian Kerja Secara Seksual. PT. Gramedia.

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Kencana Prenada Media Group.

KEMENPPA. (2020). Profil Perempuan Indonesia. In Profil Perempuan Indonesia. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Nasukha, R. A. (2017). Pembagian Kerja Secara Seksual di Pertambangan Pasir dan Batu (Sirtu) Sungai Pabelan Kabupaten Magelang.

Setiawan, E. (2017). Konstruksi Sosial Pembagian Kerja Dan Pengupahan Buruh Tani. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 12(1), 19–34. https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i1.2017.pp19-34

Siyoto, S. dan A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Medis Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Willya, E. (2012). Senarai Penelitian, Islam kontenporer Tinjauan Multikultural (B. Ed. Evra Willya, Prasetyo Rumondor (ed.)). Deepublish.

Downloads

Published

05-10-2021

How to Cite

Nurhafizah, S., Isnaini, I., & Yatim, Y. . (2021). Pembagian Kerja Petani Penggarap Sawah di Nagari Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6671–6678. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2010

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check