Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Lama Kala I di Wilayah Kerja Puskesmas Sapaya Kabupaten Gowa Januari s/d Februari 2018

Authors

  • Puspita Rini Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu, Indonesia
  • Risma Muktar Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu, Indonesia
  • Elfina Elfina Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2027

Keywords:

Dukungan keluarga

Abstract

Dukungan keluarga sangat dibutuhkan dalam kala I karena perasaan ibu sering kali berlebihan. Tujuan penelitian mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan Lama Kala I. Jenis penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan “Cross Sectional”. Metode pengambilan sampel dengan Purposive Sampling Sebanyak 35 orang. Data diperoleh melalui pendampingan (observasi langsung) dan pemantauan lama kala I (Partograf), Data analisis dengan Uji chi square yang disajikan dalam bentuk tabel.Dengan menggunakan uji Chi square antara Dukungan keluarga dengan lama kala I diperoleh nilai Fisher’s Exact Test sebesar 0,00 oleh karena nilai P < 0,05, maka dapat disimpulkan Ha diterimadan Ho ditolak artinya Ada hubungan yang sangat bermakna antara dukungan keluarga dengan lama kala I.  Ada hubungan yang sangat bermakna antara dukungan keluarga dengan lama kala I.

 

References

Depkes, Ri. (2010). Profil Kesehatan Indonesia Jakarta.

Handayani, R (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Menjelang persalina Pada Ibu Primigravida Trimester III Di wilayah Kerja Puskesmas lubuk buaya Padang. jurnal Ners Jurnal Keperawatan 11(1).

Hidayat Asri, Sujiatini. 2010. Asuhan kebidanan Persalinan. Yogyakarta: Numed.

Marmi dkk. 2011. Asuhan Kebidanan Patologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Nugraheny Esti. 2010. Asuhan kebidanan ebidanan. Yogyakarta: Pustaka Rihama

Nugroho, Taufan. 2010. Kasus Emergency Kebidanan Untuk kebidanan dan Keperawatan. Yogyakarta: Numed

Primasnia, P, (2017, February). Hubungan Pendampingan Suami Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Primigravida Dalam Menghadapi Persalinan kala I di Rumah Bersalin Kota Ungaran.

Rahmi, L (2010) Hubungan usia tingkat Pendidikan Dukungan Suami, Dan Dukunga Keluarg Dengan Tingkat kecemasa Menjelang Persalinan Pda Ibu Primigrvida Trimester III Di Poliklinik Kebidanan RSUP DR. M Djamil Padang.

Rukiyah Ai Yeyeh, Yulianti lia. 2010. Asuhan Kebidanan 4 (Patologi). Jakarta: Trans Info Media (TIM)

Shodiqoh, E. R, & Syahrul, F. (2014). Perbedaan tingkat Kecemasan Dalam menghadapi Persalinan Antara Primigravida dan Multigravida. Jurnal Berkala Epidimiologi, 2 (1), 141-150.

Zamriati, W.O., Hutagoal, E, & Wowiling, F. (2013). Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan ibu Hamil menjelang Persalina Di Poli KIA PKM Tuminting. Jurnal Keperawatan. 1(1).

Downloads

Published

11-10-2021

How to Cite

Rini, P. ., Muktar, R. ., & Elfina, E. (2021). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Lama Kala I di Wilayah Kerja Puskesmas Sapaya Kabupaten Gowa Januari s/d Februari 2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6761–6765. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2027

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.