Perubahan Tradisi Saat Manjalang Mintuo dalam Upacara Perkawinan di Nagari Koto Anau Basa IV Balai Kabupaten Pesisir Selatan

Authors

  • Eka Putri Yani Program Studi Pendidikan Sosiologi STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Nilda Elfemi Program Studi Pendidikan Sosiologi STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Erningsih Erningsih Program Studi Pendidikan Sosiologi STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2028

Keywords:

Perkawinan, Perubahan, Tradisi Manjalang mintuo

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Perubahan Tradisi saat Manjalang Mintuo dalam Upacara Perkawinan di Nagari Koto Anau Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk  perubahan tradisi manjalang mintuo  dalam upacara perkawinan di Nagari Koto Anau Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan.. Teori yang telah digunakan dalam penelitian ini adalah Menurut Neil Smelser ia menyatakan unsur penting dalam teori perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pemilihan informan dilakukandengan mengunakan purposive sampling.  Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara mendalam(indepti interview). Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini mengunakan interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman yaitu: (1)  Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk perubahan tradisi manjalang mintuo a) Waktu Pelaksanaan b) jumlah rombongan c)  bawaan dalam manjalang mintu dan d) Balasan e) Tempat meletakan bawaan(ayam bulek).                                                                    

 

References

Afrizal. 2014. Metode penelitian kualitatif. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Gustin, N. Y., dkk.(2016), Makna Juadah Pada Acara Manjalang Mintuo Di Nagari Lubuk Pandan Kabupaten Padang Pariaman. E-Journal Home Economic and Tourism. Vol 12, No 2.

Khoiri, M. (2009). Makna Simbol dan Pergeseran Nilai Tradisi Upacara Adat Rebo Pungkasan. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Koentjaraningrat.(2009). Pengantar Ilmu Antarpologi. Jakarta : Rineka Cipta.

Lufri. (2007).Kiat Memahami Dan Melakukan Penelitian. UNP Press.

Martono, M. (2011). Sosiologi PerubahanSosial. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Navis, A.A.(1984). Alam Takambang Jadi Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Pioter, S. (2010). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

11-10-2021

How to Cite

Yani, E. P. ., Elfemi, N. ., & Erningsih, E. (2021). Perubahan Tradisi Saat Manjalang Mintuo dalam Upacara Perkawinan di Nagari Koto Anau Basa IV Balai Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6766–6770. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2028

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check