Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Powerpoint pada Materi Virus Kelas X SMA/MA

Main Article Content

Nursyafiqa Putri
Lufri Lufri
Helmisdiati Helmisdiati

Abstract

Ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa menjadi kendala dalam pembelajaran biologi di SMAN 5 Solok Selatan. Hal ini disebabkan penggunaan media pembelajaran yang masih sederhana dan kurang menarik, keterbatasan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran, dan rendahnya motivasi siswa dalam memahami materi yang viral. Salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran video berbasis Microsoft Office PowerPoint. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran video berbasis microsoft office powerpoint pada materi virus kelas X yang valid dan praktis. Media pembelajaran video berbasis Microsoft office powerpoint divalidasi oleh 2 orang dosen jurusan biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru biologi di SMAN 5 Solok Selatan. Kepraktisan produk akan diujikan pada satu guru biologi dan 32 siswa di SMAN 5 Solok Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan model Instructional Development Institute (IDI) yaitu tahap refine, tahap develop dan tahap evaluasi yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video berbasis Microsoft Office PowerPoint pada materi virus kelas X yang valid dan praktis. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran video berbasis Microsoft Office PowerPoint pada materi virus dikategorikan valid dengan nilai validitas 89,82%. Media pembelajaran video berbasis microsoft office powerpoint materi virus sangat praktis bagi guru dengan nilai kepraktisan 91,22% dan sangat praktis untuk siswa dengan nilai kepraktisan 90,16%

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, N., Lufri, L., & Helmisdiati, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Powerpoint pada Materi Virus Kelas X SMA/MA . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6847–6855. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2033
Section
Articles of Research

References

Aripin, Ipin. 2018. Konsep Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi.Jurnal Bio Education.Vol. 3, No. 1.

Fadillah, A., dan Westi, B. 2019.Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbatuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe.Jurnal Gantang IV (2).

Kuswanto, J., dan Ferri, R. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.Jurnal Media Infotama.Vol. 14, No. 1.

Latifah, N., dan Lazulva. 2020. Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Powtoon Sebagai Sumber Belajar pada Materi Sistem Periodik Unsur. Journal Education and Chemistry.Vol. 2, No. 1.

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.Vol. 8, No. 2.

Mabruri dan Hamzah.2020. Pemanfaatan Media Microsoft Powerpoint Dalam Pembelajaran Kemahiran Bahasa Arab Pada Era digital. Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab.Vol. 1, No. 1.

Puspitasari, A. D. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Elektronik pada Siswa SMA.Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 7, No. 1.

Prasetyo, S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Androit Untuk Siswa SD/MI. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education. Vol 1 (1), 121-140.

Purwanto, Y., dan Swaditya, R. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran.Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro.Vol. 4, No. 1.

Ramli, M. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Sholeh, M. 2019. Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol. 4, No. 1.

Sari, M. K. dan Yosi, L. R. 2021. Apakah terdapat Hubungan Self-efficacy dengan Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik?.Jurnal Atrium Biologi.

Sawiji, H., Trisno, M., Baedhowi, Salman, A. T., dan Budi, W. 2015. Kombinasi Format Factory, U- Lead Dan Microsoft Office Powerpoint Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Setiawan, M. A. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Ponogoro: UWAIS Insprirasi Indonesia.

Siagian, Y., Jeperson, H., dan Zulfi, A. 2019. Pelatihan Aplikasi Microsoft Office 2010 Dan Internet Untuk Para Siswa Dan Tutor Pada Lembaga Kursus Pendidikan (LKP) Mandiri Computer Kabupaten Asahan Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Royal.Vol. 2, No. 2.

Surahman, E., dan Herman, D. S. 2017. Pengembangan Adaptive Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 4, No. 1.

Widiasih, R., Joko, W., dan Titin, K. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi dan Motivasi belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember Tahun pelajaran 2016/2017.Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 11, No. 2.

Widiyastuti, N., Slameto, dan Elvira, H. R. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi Dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 32, No. 1.