Profil Ketercapaian Tugas Perkembangan Masyarakat pada Masa Dewasa Madya di Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang

Main Article Content

Dwi Fayesby
Fuadillah Putra
Citra Imelda Usman

Abstract

                Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masyarakat dewasa yang merasa belum tercapainya tugas perkembangan dewasa madya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketercapaian tugas perkembangan masyarakat pada masa dewasa madya dilihat dari: 1) penyesuaian diri terhadap perubahan fisik dan fisiologis, 2) penyesuaian diri terhadap perubahan minat, 3) penyesuaian diri terhadap kejujuran, 4) penyesuaian diri terhadap kehidupan keluarga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat di RW 11 Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji berjumlah 128 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling yaitu sebanyak 64 orang. Data penelitian diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase.Hasil penelitian tentang ketercapaian tugas perkembangan masyarakat pada masa dewasa madya  secara umum berada pada kategori cukup tercapai sedangkan secara indikator dapat dilihat: 1) Penyesuaian diri terhadap perubahan fisik dan fisiologis berada pada cukup tercapai. 2) Penyesuaian diri terhadap perubahan minat berada pada cukup tercapai. 3) Penyesuaian diri terhadap kejujuran berada pada kategori cukup tercapai. 4) Penyesuaian diri terhadap kehidupan keluarga berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada masyarakat dewasa madya untuk meningkatkan ketercapain tugas perkembangan masyarakat pada masa dewasa madya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fayesby, D., Putra, F., & Imelda Usman, C. (2021). Profil Ketercapaian Tugas Perkembangan Masyarakat pada Masa Dewasa Madya di Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6856–6860. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2035
Section
Articles of Research

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Hurlock. E.B (2017). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Musfiqon, H. M. (2012). Panduan lengkap metodologi penelitian pendidikan.Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Muzakkiyah, N. (2016). Religiusitas, Penyesuaian diri dan Subjektive well Being. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol 5. No 01.

Putra, F. (2017). Ketercapaian Tugas-Tugas Perkembangan Siswa SMA Dan Siswa Pondok Pesantren . Jurnal Counseling Care, vol 1. No1 ,.

Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sugiyono (Ed.). (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.