Dampak Pengembangan Objek Wisata Pulau Terhadap Kehidupan Masyarakat Lokal

Authors

  • Sakhila Amanda STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Sarbaitinil Sarbaitinil STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Yuhelna Yuhelna STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2042

Keywords:

Dampak Pengembangan, Objek Wisata, Kehidupan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan onjek wisata pulau telah membawa dampak bagi masyarakat lokal di Sungai Pisang terhadap kehidupan, dampak bagi kehidupan masyarakat lokal dimana mata pencaharian yang mulai meningkat, serta ada juga dampak negatifnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pengembangan objek wisata pulau pulau terhadap kehidupan masyarakat lokal di Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial yang dikemukakan oleh Max Weber.  Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Informan pada penelitian ini sebanyak 18 orang. Metode pengumpulan data digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak dari objek wisata pulau yaitu berdampak positif dan negarif. Dampak positifnya yaitu  memunculkan Pekerjaan baru, meningkatkan pendapatan masyarakat lokal, mendorong semakin meningkatknya pendidikan. sedangkan dampak negatifnya yaitu masuknya budaya luar, kerusakan pada lingkungan Pulau, hubungan sosial masyarakat perkerja trasportasi antar pulau.

 

References

Afrizal. 2014. Pengentar Metode Penelitian Kualitatif. Padang: Laboratorium FISIP UNAND.

Halim, Abdul. 2001. Manajemen Keuangan Daerah. Yoyakarta: UPP-AMP YKPN.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogayakarta: CV Andi Offset.

Soejono, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Perss.

Sugiyono. (2010) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, P.K.(2017).Inovasi Pemuda dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi di Kampung Warna-Warni Kelurahan Jodipan, Kecamatan Belimbing,Kota Malang).Jurnal Ketahanan Nasional,Vol 23(No.3 Edisi Desember),300-319.

Downloads

Published

12-10-2021

How to Cite

Amanda, S. ., Sarbaitinil, S., & Yuhelna, Y. (2021). Dampak Pengembangan Objek Wisata Pulau Terhadap Kehidupan Masyarakat Lokal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6733–6742. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2042

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check