Profil Tingkah Laku Remaja dalam Menggunakan Media Sosial di Kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman

Main Article Content

Nada Khairani Martin

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik yang asik dengan media sosial masing-masing, kurang adanya berinteraksi satu dengan yang lainnya, peserta didik yang berketergantungan terhadap media sosial memberi sifat yang negatif terhadap tingkah lakunya dan dapat mempengaruhi sikapnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkah laku remaja dalam menggunakan media sosial dilihat dari menjadi pusat perhatian, menyombongkan diri, berbohong, tidak peduli kesesama yang lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 172 Peserta didik yang dipilih dengan teknik Propotional Random Sampling sampel sebanyak 120 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan klasifikasi persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa profil tingkah laku remaja dalam menggunakan media sosial dilihat secara umum berada pada kategori tinggi. Secara indikator 1) Profil tingkah laku remaja dalam menggunakan media sosial dilihat dalam menjadi pusat perhatian berada pada kategori rendah. 2) Tingkah laku remaja menggunakan media sosial dalam menyombongkan diri berada pada kategori cukup tinggi. 3) Tingkah laku remaja menggunakan media sosial dalam berbohong berada pada kategori rendah. 4) Tingkah laku remaja menggunakan media sosial dalam tidak peduli kesesama yang lain berada pada kategori sangat rendah. Berdasarkan  hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk dapat memberikan  layanan-layanan kepeserta didik dan juga meningkatkan tingkah laku yang baik agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khairani Martin, N. (2021). Profil Tingkah Laku Remaja dalam Menggunakan Media Sosial di Kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7042–7049. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2057
Section
Articles of Research

References

Al-‘Allamah Al-Hafizh Jamal Al-Din Abu Al-Far, 2010.Terapi Spiritual. Jakarta: Zaman.

Ahmadi, A. (2003). Psikologi Umum. Rineka Cipta.

Chris Brogan, 2010. Sosial Media 101Tactic and Tips to Develop Your Business Online.Cananda: wiley.

Kartini Kartono. 1996. Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Makhmudah, Siti. 2019. Medsos dan Dampaknya Pada Perilaku Keagamaan Remaja. Guepedia.

Muhammad, Al-Mighwar. 2006. Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia.

Naja, F., & Kholifah, N. (2020). Bias Konfirmasi terhadap Perilaku Berbohong. Jurnal Psikologi, 7(1).

Pratama, B. A. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Kecenderungan Sikap Apatis Terhadap Lingkungan Sekitar Pada Siswa SMP N 1 Sukoharjo, Kec/Kab Sukoharjo, Jawa Tengah. Indonesian Journal On Medical Science, 6(1). https://doi.org/2355-1313.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Afabeta.

Suryani dan Hendryadi. 2016. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Walgito, B. (1994). Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana