Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Daring Melalui In House Training di SMA Negeri 4 Tanah Putih

Main Article Content

Fajar Hariadi

Abstract

Upaya sekolah meningkatkan kompetensi guru di SMA Negeri 4 Tanah Putih antara lain melalui IHT, bimbingan teknis maupun workshop yang bertujuan memberikan bekal kepada guru dalam rangka pembelajaran daring. Diharapkan dengan adanya IHT, bimbingan teknis maupun workshop dapat meningkatkan kemampuan guru secara profesional dalam proses mengajar daring. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah IHT, bimbingan teknis dan workshop dapat meningkatkan kompetensi profesional guru-guru di SMA Negeri 4 Tanah Putih. Untuk mengetahui bagaimana proses IHT, bimbingan teknis dan workshop dilakukan di SMA Negeri 4 Tanah Putih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS), dengan subjek penelitian guru-guru SMA Negeri 4 yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket dan dukumentasi. Berdasarkan data angket yang telah diperoleh selanjutnya ditentukan analisis data. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah pelatihan yang dilakukan bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dalam proses belajar-mengajar daring. Hasilnya menunjukkan sebesar 76% dengan kriteria bermanfaat, guru menyatakan bahwa pelatihan-pelatihan yang diadakan disekolah memberikan manfaat untuk menambah dan meningkatkan keterampilan guru dalam proses belajar-mengajar daring.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hariadi, F. . (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Daring Melalui In House Training di SMA Negeri 4 Tanah Putih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6870–6880. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2062
Section
Articles of Research

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Corinorita. 2017. "Pelaksanaan In House Training untuk Meningkatkan Kompetensi Guru," Suara Guru, Jurnal: Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora.

Daryanto. 2013. Standar Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Khoiri, Hoyyima. 2010. Jitu Dan Mudah Lulus Sertifikasi Guru. Jogjakarta: Bening.

Marintis, Yamis. 2006 Profesionalisasi Guru Dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

M.Idris, dan Marno. 2009. Strategi Dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: X: Ar-ruzz Media.

Muhibbin Syah. 1995 Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

M. Uzer Usman. 1999. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Oemar Hamalik. 2010. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung: Alfabeta.

Raharjo. 2013. Peningkatan Kompetensi Guru dalam penyusunan KTSP: Studi tentang Efektifitas Program SSQ di Madrasah di Kabupaten Pati, (Semarang: IAIN Walisongo).

Sudarwan Danim. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Guru Profesional (Pedoman Kinerja, Kualifikasi Dan Kompetensi Guru). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syaiful Sagala. 2000. Administrasi Pendidkan Kontemporer. Bandung: CV. Al Fabeta.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.