Peran Penting Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Vokasi

Main Article Content

Herlina Febiyanti
Dwi Candra Yuniar
Witri Ayu Utami

Abstract

Penelitian kualitatif ini fokus pada pendidikan karakter di lingkungan Politeknik Penerbangan Palembang. Sistem pendidikan perhubungan adalah pendidikan vokasi yaitu untuk mempersiapkan tenaga profesional di bidang transportasi. Masalah dalam penelitian ini adanya krisis moral yang dialami khususnya remaja yang harus segera diselesaikan karena dapat mengancam masa depan kehidupan mereka sendiri serta masa depan bangsa dan juga mempengaruhi anak-anak kecil yang sekarang lebih suka meniru para remaja. Hasil penelitian ini menyebutkan krisis moral adalah permasalahan yang cukup kompleks yang harus segera ditangani dengan pendidikan karakter sejak dini. Hasil dalam peelitian ini adalah beberapa tujuan-tujuan dilakukannya pendidikan karakter di perguruan tinggi vokasi diantaranya untuk mengembangkan potensi afektif taruna sebagai manusia dan warga negara yang berbudaya dan karakter bangsa. mengembangkan Kebiasaan dan perilaku taruna yang terpuji, menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab kepada taruna, mengembangkan kemampuan taruna menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan. mengembangkan lingkungan kehidupan kampus sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Febiyanti, H. ., Yuniar, D. C. ., & Utami, W. A. . (2021). Peran Penting Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Vokasi . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7142–7148. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2103
Section
Articles of Research

References

Beritatrans. (2014). BPSDM Perhubungan Sosialisasi Pola Pengasuh Taruna.

Hartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru Di MTs Negeri Kabupaten Klaten. Research Gate.

John, D. (2018, 04 12). Silabus. Diambil kembali dari SILABUS.WEB.ID: https://www.silabus.web.id/pengertian-pendidikan-dan-makna-pendidikan/

Kristiawan, M. (2015). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta'dib, 18(1), 13-25.

Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432.Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432.

Lestari, N. (2018). Krisis Moralitas Pada Kalangan Remaja Indonesia Saat Ini.

Peraturan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Nomor PK.02 / BPSDMP-2018

Peraturan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Nomor PK.01/BPSDMP-2020

Setiawan, S. (2021). Pengertian Karakter. gurupendidikan.com

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-302.