Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dina Aprila Program Studi Pendidikan Keagamaan Islam, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Indah Muliati Program Studi Pendidikan Keagamaan Islam, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2113

Keywords:

Diagnosis, Kesulitan Belajar, PAI, Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya hasil ujian PAI siswa kelas XII SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam rendah dimasa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan diagnosis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Informan dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling yang terdiri dari guru PAI, guru BK, dan siswa kelas XII SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa mengalami kesulitan belajar pada pemahaman materi pendidikan agama Islam yang kurang saat pembelajaran daring dan sulit untuk interaktif dalam pembelajaran daring. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, terdapat faktor-faktor pemicu kesulitan belajar siswa yaitu: 1) Kurangnya motivasi belajar siswa dari guru maupun orangtua, 2) Koneksi jaringan internet yang kurang memadai dalam melaksanakan pembelajaran daring, 3) Keterbatasan ekonomi untuk membeli kuota internet, dan 4) kurangnya interaksi antara guru dan siswa.

 

References

Kementrian Agama RI, al-Quran dan Terjemahnya Bandung: PT. Al-Hikmah Ponegoro, 2008

Lestari, Myrna Apriany. (2020). Bimbingan Konseling Di SD (Mendamping Siswa Meraih Mimpi). Yogyakarta: Deepublish.

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Maryani, Ika., dkk. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta : K-Media.

St. Wardah, H, D., & Besse, T. (2018). Diagnosis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Solusinya. Jurnal ISTIQRA’, 5, 2.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Downloads

Published

22-10-2021

How to Cite

Aprila, D. ., & Muliati, I. (2021). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7196–7202. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2113

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check