Faktor Penyebab Bertahannya Tari Tradisional Kuda Lumping di Jorong Batas Minang Nagari Kurnia Selatan Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya

Authors

  • Maya Anjani Gea Program Studi Pendidikan Sosiologi STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Nilda Elfemi Program Studi Pendidikan Sosiologi STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Sri Rahmadani Program Studi Pendidikan Sosiologi STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2117

Keywords:

Faktor penyebab bertahan, Kuda lumping

Abstract

Kesenian kuda lumping adalah pertunjukan yang diiringi oleh musik tradisional gamelan, dan alat musik pengiring lainnya, kuda-kudaan yang dikenakan oleh para pemain yang tidak ubahnya tengah menunggangi seekor kuda dalam iringan musik. Meskipun permainan ini berasal dari daerah asli jawa, permainan ini juga tetap terjaga keberadaanya didaerah lain dan tetap dilestarikan oleh masyarakat jawa pendatang hal ini juga terjadi didaerah  Jorong Batas Minang, meskipun bukan asli penduduk pribumi dan dikelilingi oleh masyarakat asli Minang kabau, kebudayaan atau kebiasaan turun-temurun tetap dilakukan di dalam masyarakat Jawa tersebut, misalnya pertunjukan Kuda lumping tetap ditampilkan hingga saat ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan faktor penyebab bertahannya tradisi kuda lumping di Jorong Batas Minang  Nagari Kurnia Selatan Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu data yang berbentuk data, kalimat dan gambar yang didapat di lapangan. Tipe penelitian berupa tipe deskriptif dimana peneliti menggambarakan, memaparkan dan menganalisis hasil penelitian yang didapat menjadi lebih luas lagi. Studi dokumen dalam peneliti dalam penelitian ini adalah dengan mencari dan mempelajari dokumen yang berhunungan dengan permasalahan yang diteliti, ada pun studi dokumen dalam penelitian ini yaitu gambar pementasan pertunjukkan kuda lumping yang didapat dari informan. Dari hasil penelitian, ada pun beberapa faktor penyebab bertahannya tradisi kuda lumping di Jorong Batas Minang Nagari Kurnai Selatan  yaitu :1) Kekompakkan antara anggota komunitas kuda lumping, hal ini dapat dilihat dari keinginan para pemain untuk memperkenalkan kesenian kuda lumping pada masyarakat luas, meskipun tanpa bantuan dana dar pihak lain para pemain berusaha iuran bersama agar dapat melaksanakan pertunjukan. 2) Adanya dukungan keluarga pemain kuda lumping, hal ini ditandai adanya keluarga dari pemain kuda lumping yang memperbolehkan anggota untuk berpasrtisipasi dan tidak berharap upah dari pertunujukkan kuda lumping untuk memenuhi kebutuhan hidup. 3) Adanya dukungan dari pemerintah, yaitu pemerintah dari Nagari yang kadang memeberikan sumbangan dana agar pertunjukkan dapat terlaksana. 4) Solidaritas dari masyarakat sekitar, dapat dilihat dari masyarakat yang lebih tertarik manyaksikan pertunjukkan kuda lumping dibandingkan acara hiburan lainnya seperti wayang, dan orgen. Begitu juga masyarakat pribumi yang tidak memberi larangan untuk menampilkan pertunjukkan kuda lumping.

 

References

Arifininetrirosa.2005. Pemeliharaan Kehidupan Budaya Kesenian Tradisional dalam Pembangunan Nasional. Jurnal Universitas Sumatera Utara.

Koenjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Edisi revisi. Jakarta Rineka Cipta.

Kurniawan, dkk. 2019. Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Perubahan Adat Istiaadat “Ngocek Bawang” Di Kelurahan Indralaya Mulya Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

Kuswandi & Maulana. 2014. Kesenian Kuda Lumping di Desa Banjaranyar Kecamaran Banjarsari Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak Vol. 2 No. 1. Universitas Galuh Ciamis.

Ningrum, Siskana. 2019. Interaksi Sosial Masyarakat Jawa Di Daerah Tranmigrasi.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuamtitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Downloads

Published

23-10-2021

How to Cite

Gea, M. A. ., Elfemi, N. ., & Rahmadani, S. . (2021). Faktor Penyebab Bertahannya Tari Tradisional Kuda Lumping di Jorong Batas Minang Nagari Kurnia Selatan Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7229–7235. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2117

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check