Penerapan Sistem Merit ASN untuk Mewujudkan Good Governance Pada Kabupaten Pasaman Barat

Main Article Content

Nelfa Roza
Sufyarma M
Syahril Syahril
Irsyad Irsyad

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui informasi tentang penerapan sistem merit ASN untuk mewujudkan good governance pada kabupaten Pasaman Barat. Penelitian dilakukan pada pemerintahan yang sudah mengarah pada penerapan sistem merit, peneliti memilih di kabupaten Pasaman Barat.Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif yang disebut analisis deskriptif yang menggunakan metode penelitian kualitatif.Metode analisis keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan sistem merit ASN pada kabupaten Pasaman Barat belum dilaksanakan dengan maksimal, 2) belum terwujud good governance pada pemerintahan kabupaten Pasaman Barat karena sistem merit ASN belum dilaksanakan dengan maksimal dan pemerintahan Pasaman Barat belum memenuhi prinsip good governance, 3) faktor penghambat dalam penerapan sistem merit ASN untuk mewujudkan good governance pada kabupaten Pasaman Barat adalah intervensi politik dan Covid-19, 4) faktor pendukung dalam penerapan sistem merit ASN untuk mewujudkan good governance pada kabupaten Pasaman Barat adalah komitmen pimpinan, ASN yang memenuhi kualitas dan Tambahan Penghasilan Pegawai, 5) solusi agar penerapan sistem merit ASN untuk mewujudkan good governance pada kabupaten Pasaman Barat dilaksanakan dengan maksimal yaitu ASN tidak terpengaruh oleh intervensi politik, pemimpin yang komitmen dalam menerapkan sistem merit ASN, dan memperbaiki kualitas sumber daya manusia aparatur.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Roza, N., M, S., Syahril, S., & Irsyad, I. (2021). Penerapan Sistem Merit ASN untuk Mewujudkan Good Governance Pada Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7342–7350. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2119
Section
Articles of Research

References

Andi Sefullah, A. M. F. & M. F. S. (2020). Implementasi Sistem Merit Dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama Sulawesi Selatan. Kalabbirang Law Journal, 2(1), 30–40.

Kalesaran Meisi. (2021). Penerapan Sistem Merit Menuju Pemerintahan Yang Terpercaya (Trustworthy Government). Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Kahtulistiwa (JIPSK), VI(1), 71–80.

Madjid, M. (2016). Pengaruh Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Morowali. Jurnal Katalogis, 4(8).

Miles, Matthew, and A. M. H. (2009). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.

Nur Khobiburrohma, E., Septiana Margareta, P., & Habbie Hasbullah, M. (2020). Penerapan Sistem Merit Dalam Birokrasi Indonesia Untuk Mewujudkan Good Governance. Transparansi?: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 3(2), 139–148. https://doi.org/10.31334/transparansi.v3i2.900

Nurnadhifa, H., & Syahrina, L. (2021). Implementasi Sistem Merit dalam Manajemen Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Widya Manajemen, 3(2), 138–149. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/widyamanajemen/article/view/1693

Rusliandy. (2019). Hambatan Implementasi Sistem Merit Pada Dinas PUPR Kabupaten Bogor dalam Pengelolaan Infrastruktur Jalan Kabupaten. Civil Service Journal, 13(1), 71–80.

Tamarengki, A. A., Liando, D., & Kumayas, N. (2019). Merit Sistem Dalam Peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Kabupaten Kepulauan Talaud. Eksekutif: Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintah, 3(3), 1–8.

Taufik, T., & Warsono, H. (2020). Birokrasi baru untuk new normal: tinjauan model perubahan birokrasi dalam pelayanan publik di era Covid-19. Dialogue:Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 1–18. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dialogue/article/view/8182

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>