Implementasi Nilai-nilai yang terdapat pada Sila Kedua Pancasila Terhadap Kehidupan Bangsa

Main Article Content

Iga Ghufrani Juniarti
Yayang Furi Furnamasari
Dinie Anggraeni Dewi

Abstract

Sangat banyak sekali pengaruh positif maupun negatif dalam era globalisasi ini, terutama terhadap karakter dan rasa nasionalisme. Akan tetapi, apabila dicermati serta diteliti dari keseluruhan, pengaruh era globalisasi ini dapat mengurangi serta menghilangkan rasa nasionalisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai makna serta nilai-nilai pancasila terhadap kehidupan serta meningkatkan rasa nasionalisme, apakah sudah terlaksana dengan benar atau sebaliknya. Maka dari itu, Pancasila sangat penting untuk kemajuan bangsa yang seharusnya dapat menjadi titik utama masalah yang harus dihadapi saat ini. Metode penelitian yang saya pakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif non interaktif. Penelitian ini juga merupakan review literature dengan mengumpulkan berbagai sumber informasi serta fakta dari beberapa dokumen dan literature yang terkait dan berhubungan langsung dengan pembahasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya nilai-nilai pancasila terhadap keberlangsungan kehidupan banga serta meningkatnya rasa nasionalisme, namun dalam pelaksanaannya belum benar- benar berpengaruh dan belum terlaksana dengan optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari yang paling utama yaitu perbedaan kedudukan di mata hukum, kesenjangan sosial serta masih maraknya KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) yang memberikan dampak negatif pada semua aspek yang tentunya dapat mengurangi pengembangan karakter bangsa dan memudarnya bahkan dapat sampai menghilangnya rasa nasionalisme dalam setiap warga negara Indonesia. Dan dengan adanya permasalahan yang sangat serius tersebut, pemerintah dan masyarakat seharusnya dapat bekerja sama guna mencari jalan alternatif dalam penyelesaiannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Juniarti, I. G. ., Furnamasari, Y. F. ., & Dewi, D. A. . (2021). Implementasi Nilai-nilai yang terdapat pada Sila Kedua Pancasila Terhadap Kehidupan Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7273–7277. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2139
Section
Articles of Research

References

Daroeso, B. 1986. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Surabaya: Aneka ilmu.

Hidayatullah, F. 2010. Guru Sejati. Surakarta: Yuma Pustaka.

Adi, P. (2016). Pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Masyarakat Sebagai Modal Dasar Pertahanan Nasional NKRI. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 37-50.

Astuti, Arifian Dwi, dkk. (2020). Menerapkan Sikap dan Perilaku yang Berprinsip pada Bhinneka Tunggal Ika di Era 4.0 dalam Pembelajaran K13 di MI/SD Kelas IV. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education,4(1), 86-99.

Azzaria, S. (2021). INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BELA NEGARA PADA GENERASI

MILENIAL. DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum, 19(1), 57-74.

Rianto, H. (2016) IMPLEMENTASI NILAI KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB TERHADAP KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

Hidayat, N. A. S. N., & Dewi, D. A. (2021). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Terhadap Implementasi Nlai-Nilai Pancasila di Era Globalisasi. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 50-57.

Lestari, E. Y. (2019). Menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era globalisasi melalui penerapan nilai-nilai Pancasila. ADIL Indonesia Journal, 1(1).

Maftuh, B. (2008). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Educationist, 2(2), 134-144.

Suryaningsi, S. (2016). Pengoptimalisasian Nilai-nilai Pancasila Sebagai Upaya Memperkuat Nasionalisme. International.

Rahman, A. (2018). Nilai Pancasila Kondisi Dan Implementasinya Dalam Masyarakat Global. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(1), 34-48.

Yudhanegara, H. F. (2015). Pancasila sebagai filter pengaruh globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme. Cendekia: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8

Dokumen TAP MPR-RI No. II/MPR/1978 tentang P4. UUD 1945 Amandemen Ke-4.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>