Hubungan Motivasi Belajar terhadap Minat dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMP Negeri 19 Padang

Authors

  • Suci Wulandari Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Sulaiman Sulaiman Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2146

Keywords:

Motivasi, Minat, Hasil, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar terhadap minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 19 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX di SMP Negeri 19 Padang. Untuk Sampel penelitian sebanyak 20% dari populasinya yaitu 31 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dengan bantuan program SPSS versi 26. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment. Untuk hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 19 Padang. Hasil penelitian menunjukkan r-hitung 0,210<0,355 r-tabel. Sehingga untuk hubungan motivasi belajar terhadap minat yaitu (Ha) ditolak dan (Ho) diterima, sedangkan untuk hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar menunjukkan r-hitung 0,149<0,355 r-tabel. Sehingga untuk hubungan motivasi belajar terhadap minat yaitu (Ha) ditolak dan (Ho) diterima. Untuk melihat hubungan motivasi belajar terhadap minat dan hasil belajar peserta didik dilakukan uji manova sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP Negeri 19 Padang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: RINEKA CIPTA.

B. Uno, Hamzah. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2006). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman A.M. 2011.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman, AM. (2006). Integrasi dan Motivasi Belajar. Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2007). interaksi dan proses belajar mengajar. Raja Grafindo Persada.

Uno. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta. Bumi Aksara

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jogjakarta: Media Wacana Press.

Downloads

Published

11-11-2021

How to Cite

Wulandari, S., & Sulaiman, S. (2021). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Minat dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMP Negeri 19 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10489–10497. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2146

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check