Pengendali Suhu, Kelembaban Udara, Dan Intensitas Cahaya Pada Greenhouse Untuk Tanaman Bawang Merah Menggunakan Internet Of Things (IOT)

Main Article Content

Gardenia Marheta Putra
Delsina Faiza

Abstract

Perubahan terhadap suhu dapat berpengaruh terhadap kelembaban udara pada tanaman, dan tentunya diiringi dengan cahaya matahari yang cukup tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan adanya kemajuan teknologi dengan digunakannya rumah kaca bisa mengatur suhu dan kelembaban udara sesuai dengan kebutuhan tanaman agar mendapatkan hasil perkebunan yang lebih baik. Oleh sebab itu diperlukan suatu alat yang berfungsi layaknya rumah kaca namun dilengkapi dengan sistem pengendali suhu, kelembaban dan intensitas cahaya otomatis dengan penggunaan Internet Of Things yang cukup baru didalam dunia pertanian. Metode pengembangan sistem internet of things menggunakan Prototyping, dengan pendekatan ini dapat mengetahui dengan baik kebutuhan pengguna dan analis hasil pengembangan sistem dengan cepat. perangkat IoT yang digunakan untuk membentuk sistem ini meliputi Arduino Uno R3, sensor cahaya suhu kelembapan udara dan aplikasi blynk.  Dengan adanya Internet Of Things kita dapat dengan mudah memantau greenhouse dimanapun dan kapanpun selama masih terkoneksi dengan internet.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Marheta Putra, G., & Faiza, D. (2021). Pengendali Suhu, Kelembaban Udara, Dan Intensitas Cahaya Pada Greenhouse Untuk Tanaman Bawang Merah Menggunakan Internet Of Things (IOT). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2162
Section
Articles of Research

References

Anisyah, F., Sipayung, R., & Hanum, C. (2014). Pertumbuhan dan produksi bawang merah dengan pemberian berbagai pupuk organik. Jurnal Agroekoteknologi Universitas Sumatera Utara, 2(2), 98082.

Hakim, D. P. A. R., Budijanto, A., & Widjanarko, B. (2018). Sistem Monitoring Penggunaan Air PDAM pada Rumah Tangga Menggunakan Mikrokontroler NODEMCU Berbasis Smartphone ANDROID. Jurnal Iptek, 22(2), 9-18.

Junaldy, M., Sompie, S. R., & Patras, L. S. (2019). Rancang Bangun Alat Pemantau Arus Dan Tegangan Di Sistem Panel Surya Berbasis Arduino Uno. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 8(1), 9-14.

Ratnawati, R., & Silma, S. (2017). Sistem kendali penyiram tanaman menggunakan propeller berbasis Internet of Things. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 147-154.

Supriyadi, A., Sastrahidayat, I. R., & Djauhari, S. (2013). Kejadian penyakit pada tanaman bawang merah yang dibudidayakan secara vertikultur di Sidoarjo. Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan, 1(3), 27-40.