Kelayakan Masker Mentimun untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawat

Main Article Content

Puspita Ningtias
Prima Minerva

Abstract

Kecantikan bagi seorang wanita sangatlah penting, sehingga seorang wanita selalu memperhatikan kecantikannya dengan baik. Tetapi karena cuaca yang tidak menentu dan banyaknya aktifitas diluar ataupun didalam ruangan dan faktor-faktor lainnya, menyebabkan banyak masalah pada kulit, salah satunya pada jenis  kulit berminyak yaitu jerawat. Untuk mengatasi timbulnya jerawat maka diperlukan sebuah perawatan, salah satunya perawatan tradisional yang menggunakan bahan alami seperti mentimun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan deskripsi kuantitatif.Dalam penelitian ini hanya terdapat variabel bebas (x) variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kelayakan masker mentimun untuk perawatan kulit wajah berjerawat.pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Pengambilan data menggunakan teknik   dokumentasi dan observasi.Data dianalisis menggunakan rumus persentase yang berfungsi untuk melihat kelayakan masker dilihat dari segi uji organoleptik dan uji hedonik. Hasil penelitian uji laboratorium adalah Vitamin A yang terdapat dalam masker bubuk mentimun yaitu 1552.40 mg/100gr, vitamin C  yang terdapat dalam masker bubuk mentimun 65.12 mg/100gr dan saponin yang terdapat dalam masker bubuk mentimun 157.44 mg/100gr. Berdasarkan uji organoleptik mayoritas panelis menyatakan tekstur masker mentimun cukup halus, aromanya kurang beraroma khas mentimun, dan daya lekatnya lekat. Sedangkan untuk uji hedonik (uji kesukaan panelis) mayoritas panelis menyatakan cukup menyukai masker mentimun.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ningtias, P., & Minerva, P. (2021). Kelayakan Masker Mentimun untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawat . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2188
Section
Articles of Research

References

Darwati, 2013 .Cantik Dengan Lulur Herbal. Tribun Media. Surabaya.

Hayatunnufus, 2009.Perawatan Kulit Wajah. Padang: UNP Press.

Lindawati, A., Hayatunnufus, H., & Yanita, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Masker Mentimun Terhadap Perawatan Kulit Wajah Berjerawat. Journal of Home Economics and Tourism, 15(2).

Muliyawan, Dewi. 2013. A-Z Tentang Kosmetik, Jakarta: P.T Elex Media Komputindo Jakarta.

SIMANGUNSONG, W. S. (2019). Formulasi Sediaan Masker Gel Dari Ekstrak Mentimun (Cucumis sativus L.) Kombinasi Ekstrak Buah Lemon (Citrus limon L. Burm. fil.)(Doctoral dissertation, Institut Kesehatan Helvetia).

Sudharmono A. 2009. Laser Skin Resurfacing.Seminar Perspective of Laser Dermatology. Surabaya.

Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.