Persepsi Pengunjung Tentang Fasilitas di Daya Tarik Wisata Air Terjun Sarasah Bunta Lembah Harau

Main Article Content

Fagil Maihendri
Hijriyantomi Suyutjie

Abstract

Tujuan dari penelitian iniyaitu mendeskripsikan tentang persepsi pengunjung tentang fasilitas di objek wisata air terjun Sarasah Bunta Lembah Harau. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa persepsitentang fasilitas oleh pengunjung yang telah berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Sarasah Bunta Lembah Harau. Adapun jenis penelitian Penelitian ini bersifat deskriptif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung yang berada dan pernah berwisata ke daya tarik wisataAir Terjun Sarasah Bunta Lembah Harau.Sampel penelitian ini berjumlahkan 100 orang atau responden yang menggunakan teknik pengambilan sampel bukan sampel stokastik, dan tipe datanya berhubungan dengan peneliti primer dan data sekunder. Hasil penelitian: secara umum Persepsi Pengunjung Tentang Fasilitas Di Daya Tarik Wisata Air Terjun Sarasah Bunta Lembah Haraudalam kategori kurang baik dengan interpretasi persentase penilaian senilai49%. Selanjutnya  berdasarkan sub indikator berikut ini : (1) sub indikator fasilitas utamakurang baik dengan interpretasi persentase penilaian responden senilai45%. (2) Sub Indikator fasilitas pendukungialah kategori kurang baik dengan interpretasi persentase penilaian responden senilai42%. (3) SubIndikator fasilitas pelengkap menunjukkan kategori kurang baik dengan interpretasi penilaian responpersentase penilaian responden senilai 42%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maihendri, F., & Suyutjie, H. (2021). Persepsi Pengunjung Tentang Fasilitas di Daya Tarik Wisata Air Terjun Sarasah Bunta Lembah Harau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7751–7756. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2202
Section
Articles of Research

References

I Wayan Lanang Nala dkk 2021, Pemerataan Pasar Pariwisata Kabupaten Kutai Karta Negara

Akrom, Mohamad 2014, Analisi Faktor-Faktor yang mempengaruri kunjungan wisatawan Dipantai Waleri, Kabupaten Kendal (skripsi). Semarang : Universitas Diponegoro.

Rif’an, Achmad Andi 2016,Daya Tarik Wisata Pantai Wediombo Sebagai Alternatif Wisata Bahari Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta : Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo.

Said Keliwar dan Anton Nurcahyo 2015, Motivasi Dan Persepsi Pengunjung Terhadap Obyek Wisata Desa Budaya Pampang Di Samarinda. Samarinda : Politeknik Negri Samarinda.

Triyono, Joko 2018, Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Wisata Terhadap Kepuasaan Pengunjung Kampoeng Wisata Di Desa Melikan Kabupatean Klaten, Yogyakarta : Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo.

]Hary , Hermawan 2017 , Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, Dan Sarana Wisata Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawam,Bandung : Sekolah Tinggi Pariwisata ARS Internasional Bandung.

Maryati, Sri 2019, Persepsi Terhadap Wisata Halal Di Kota Padang. Padamg : Universitas Andalas.

Trisna .P, Nidia. W, Rian. S 2019, Pengembangan Potensi Desa Wisata Pasir Sunua Kota Pariaman, Sumatera Barat. Padang : Universitas Negeri Padang.

Sugima, A Gima.2011. Ecotourism : Pengembangan Pariwisata Berbasis Konservasi Alam, Guardaya Intimarta, Bandung.

Sugiyono. (2018), Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D.Bandung : CV Alfabeta.

Sumanto. 2014. Teori Dan Aplikasi Metode Penelitian.Jogyakarta : CAPS (Center Of Academic publishing Service.