Implementasi Nilai Pancasila Sila Keempat pada Anak Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Mutia Ade Syafitri
Dinie Anggraeni Dewi

Abstract

Pancasila merupakan suatu pedoman serta rumusan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat Indonesia. Nama Pancasila sendiri diambil dari Bahasa Sansekerta yaitu kata Panca yang artinya lima dan kata Sila yang berarti prinsip atau asas. Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila merupakan sebuah kristalisasi nilai-nilai yang kebenarannya diakui,dan menimbulkan tekad untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, saat ini penerapan atau implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari telah mengalami degradasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat, fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa Implementasi sila keempat berlandaskan Pancasila pada anak siswa sekolah dasar wajib diterapkan agar generasi penerus bangsa yang akan datang mengerti pentingnya nilai-nilai pancasila.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syafitri, M. A. ., & Dewi, D. A. . (2021). Implementasi Nilai Pancasila Sila Keempat pada Anak Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7684–7692. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2211
Section
Articles of Research

References

Aminullah, Aminullah.(2018).Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat.Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 3.1: 620-628.

Kaelan. (2002). Filsafat Pancasila Pandangan hidup Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Paradigma.

Kaelan. (1996). Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Moleong. (2011). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Satori, dan Komariah (2012), Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2012), Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tap. MPR No. II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (Ekaprasetya Pancakarsa).

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Undang Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kirdi Dipoyudo. Pancasila, arti dan Pelaksanaannya. Jakarta : CSIS.

Asmaroini, Ambiro Puji. (2016).Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi.Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. 4.2.

Wahyono, Imron. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdn 1 Sekarsuli the Implementation of Pancasila. S Values in Learning Activities in Sdn 1.

Saidurrahaman, Arifinsyah. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Winarno. (2018). Materi Pembelajaran PPKn Berbasis Nilai Lokal identifikasi dan Implementasi, Jurnal Pancasila dan kewarganegaraan, Vol. 3 No. 2, Juli

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D, Bandung:Alfabeta, Kusuma, I. A. (2002). Model Pembelajaran Portofolio Dalam Membina Nilai Kepemimpinan

Pada Diri Siswa. (Penelitian Tindakan pada Pembelajaran PKn di SLTP 9 Purwakarta). Bandung: Tesis PPS UPI

Darmadi, H. (2010). Urgensi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>