Kelayakan Hasil Pembuatan Kuteks dengan Bahan Dasar Kesumba Keling (Bixa Orellana) Sebagai Pewarna Alami

Main Article Content

Angela Yosiana
Rahmiati Rahmiati

Abstract

Kuteks merupakan pigmen yang diendapkan dalam pelarut yang mudah menguap untuk menutupi warna alami kuku. Kuteks termasuk salah satu jenis kosmetiks dekoratif yang dapat digunakan untuk menghias, memperindah dan melindungi lempeng kuku sehingga dapat meningkatkan nilai estetika. Formula kuteks selalu diperbarui untuk meningkatkan efek dekoratif dan mengurangi risiko kerusakan kuku akibat penggunaan pewarna sintetis. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis kelayakan kesumba keling yang digunakan sebagai bahan dasar pewarna alami dalam kuteks meliputi warna kuteks saat pengaplikasian, tekstur kuteks saat pengaplikasian, daya tahan kuteks  serta kesukaan panelis terhadap kuteks kesumba keling tersebut. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengambilan data metode observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket. Analisis data menggunakan persentase dengan kategori yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini adalah 1) Hasil jadi kuteks kesumba keling berwarna jelas saat diaplikasikan. 2) Hasil jadi kuteks kesumba keling bertekstur sangat halus saat diaplikasikan. 3) Hasil jadi kuteks kesumba keling sangat tahan saat diaplikasikan. 4) Hasil jadi kuteks kesumba keling disukai oleh panelis. Disarankan agar dapat memanfaatkan penggunaan temuan kuteks kesumba keling yang menggunakan bahan pewarna alami.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yosiana , A., & Rahmiati, R. (2021). Kelayakan Hasil Pembuatan Kuteks dengan Bahan Dasar Kesumba Keling (Bixa Orellana) Sebagai Pewarna Alami. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9846–9852. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2213
Section
Articles of Research

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Dalimartha, Setiawan. 2009. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Jakarta: Puspa Swara.

Fatimah, “Pembuatan Lipstik Alami Berbasis Ekstrak Kunyit (Curucuma Longa L.) dan Kesumba Keling (Bixa Orellana) sebagai Pewarna Alami”. Jurnal Teknologi Agro Industri , vol. 5, no. 1, pp. 42-51, 2018.

Handayani, Nova Mega, “Formulasi Sedian Blush Cream dari Biji Ekstrak Kesumba Keling (Bixa Orellana) Sebagai Pewarna Alami Lipstik”, Proceeding of Mulawarman Pharmaceuticals Conferences, vol. 2614, Samarinda, pp. 126-130, 16 Oktober, 2019

Riyani, Dyah, 2016. “Kelayakan Hasil Pembuatan Cat Kuku dengan Bahan Dasar Kunyit dan Daun Jati”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rostamailis. 2005. Penggunaan Kosmetik, Dasar Kecantikan &Berbusana yang Serasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tranggono, retno iswari. 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Visalakshi, M., and Jawaharlal, M. 2013. Healthy Hues-Status and Implication Industries – Brief Review. Journal Agriculture and Allied Sciences, 3(2):42-51.