Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Horison Hotel Siantar

Main Article Content

Novita Putri Sari Dame N
Youmil Abrian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh bauran promosi terhadap keputusan menginap tamu di Horison Hotel Siantar. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu Horison Hotel Siantar yang sedang menginap dan yang akan check-out saat peneliti sedang melaksanakan penelitian. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 99 orang. Teknik pengambilan sampel adalah Non probability sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dari penyebaran kuesioner dan data sekunder yang dari data jumlah tamu. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan angket yang berisi 31 butir pernyataan yang telah di uji validitas dan realibelitasnya yang disebarkan kepada tamu Horison Hotel Siantar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik biner. Regresi Logistik Biner digunakan untuk menggambarkan dua variabel respon yang berskala dikotomik/biner yaitu menginap dan tidak menginap terhadap variabel bebas. Data di analisis menggunakan SKALO dan SPSS 20.00. Hasil penelitian: Hasil pengujian omnibus test of Model Coefficients menyatakan bahwa sig = 0.043 lebih kecil dari 0,05, ini mengindikasikan bahwa model adalah signifikan 0,043 dan keputusan Ho diterima yang artinya terdapat pengaruh antara bauran promosi terhadap keputusan tamu menginap di Horison Hotel Siantar. Begitu juga dengan Nilai Chi Square tabel untuk DF 5 (Jumlah variabel independen – 1) pada taraf signifikansi 0,05 adalah sebesar 3,841. Karena nilai Chi Square Hosmer and Lemeshow hitung 17,933 > Chi Square table 3,841 atau nilai signifikansi sebesar 0,003 (< 0,05) sehingga H0 diterima, yang menunjukkan bahwa model DAPAT diterima dan pengujian hipotesis DAPAT dilakukan hasil signifikansi 0,003 antara model lebih kecil dengan nilai observasinya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri Sari Dame N , N., & Abrian, Y. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Horison Hotel Siantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9879–9883. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2219
Section
Articles of Research

References

Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Al-Arif, Nur Ri

Agus Tri Basuki, SE., M.Si. 2017 Bahan Ajar Ekonometrika. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ali Hasan.2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS

Cindy Cynthia, 2018 Pengaruh Bauran Promosi Hotel Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Pangeran City Padang.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (KBBI). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Enne Molika, 2017 Pengaruh Bauran Promosi Hotel Terhadap Keputusan Menginap Bussiness Traveller di Hotel Bisnis (Studi Pada Tamu Hotel Ibis Surabaya City Center)

Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. (2012). Marketing Management, 14th Edition. United States of America, Pearson Education Limited.

Kristanto, V. D., & Wahyuni, D. U. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di the Win Hotel Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 8,2.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D): Bandung: Cv. Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2015). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen), Yogyakarta, CAPS.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Edisi 1). Yogyakarta: Andi Offset