Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Kota Solok

Authors

  • Clarana Handini P Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Hijriyantomi Suyuthie Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2220

Keywords:

Promosi, Minat Berkunjung

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa fakta masalah tentang promosi melalui media sosial instagram dan juga tentang fakta masalah minat berkunjung yang terjadi pada followers akun instagram @jajak_kaki_solok, salingka_solok, explore_solokselatan, explore_solok. Jenis..penelitian..ini adalah..kuantitatif dengan..metode pendekatan..asosiatif kausal. Populasi..pada penelitian ini yaitu. followers keempat akun instagram tersebut. Sampel..untuk penelitian..ini 100 responden. Teknik..pengambilan..sampel..menggunakan probabilitywsampling. Jenis.data primer..yang digunakan diambil dari penyebaran..kuesioner dan..data..sekunder yang dari data..followers akun instagram tersebut. Penelitian ini didapatkan dengan cara memberikan angket yang berisi 25 pernyataan dimana telah di uji ke validitasannya dan reabilitasnya pada followers keempat akun instagram tersebut. Untuk data yang telah didapatkan dan dijelaskan dengan pengujian persyaratan analisis serta pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan koefisien determinan dengan bantuan SPSS 20.00. Hasil..penelitian: (1)promosi melalui medial sosial instagram di kategori baik (95%), (2) minat berkujung followers di..kategorikan tinggi..(63%). Uji..regresi..linear..sederhana sebesar 9,289 dengan nilai..signifikan yang telah didapatkan 0,000<0,05. Nilai..R..square didapatkan sebesar 0,901. 9,01% promosi dapat mempengaruhi minat berkunjung dan 90,99% yang dapat mempengaruhi..minat berkunjung adalah faktor..lainnya. Nilai..t didapatkan adalah 2,244 dengan nilai..signifikan 0,000<0,05..sehingga diperoleh adanya..pengaruh..signifikan..antara kedua..variabel tersebut. Pengujian..koefisien..regresi dengan..nilai 3,05 serta nilai..signifikannya 0,000<0,05 dimana..pada setiap..satuan..promosi dapat..menaikkan 3,05 satuan minat berkunjung. Berdasarkan..pada hasil penelitian..di peroleh..disarankan..pada admin instagram agar..dapat..meningkatkan..promosi melalui media sosial instagram yang ditujukkan kepada followers agar dapat menarik minat berkunjung followers ke kota solok.

References

Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi, 2014

Kotler..dan..Keller. 2014. Manajemen..Pemasaran. Jilid..I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Neti, S. (2011). Social..Media and It’s Role..in Marketing. International..Journal of Enterprise..Computing and Business Systems, 1(2).

Sari, Filma., & Suyuthie, H. “Pengaruh Promosi..Terhadap..Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Green House Lezatta Kabupaten Agam”. Jurnal Kajian Pariwista Dan Bisnis Perhotelan, 2020.

Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku..Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan..oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.

Solis, Brian. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure..Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Sugiyono, Metode..Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Downloads

Published

08-11-2021

How to Cite

Handini P , C., & Suyuthie , H. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Kota Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9867–9872. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2220

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check