Peranan Perilaku Cinta Tanah Air melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar

Authors

  • Shalwa Rizkya Salsabila Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Yayang Furi Furnamasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2244

Keywords:

Cinta Tanah Air, Perilaku Jujur, Pembelajaran PKN di SD

Abstract

Generasi muda atau generasi penerus adalah generasi yang akan meneruskan hasil perjuangan para pendahulu dengan menjadi pemimpin-pemimpin, yang di harapkan dapat merubah dan memajukan bangsa ini menjadi lebih makmur dan berjaya. Untuk menjadikan generasi muda dapat menjadi pemimpin yang baik seperti yang di harapkan tidak akan terjadi apabila tidak rasa cinta dan bela Negara yang tumbuh di hati dan jiwa mereka. Rasa cinta kepada tanah air sangat penting dan harus di tanamkan kepada generasi muda penerus bangsa, agar kedepannya bangsa ini dapat menjadi bangsa yang besar dan Berjaya. Untuk itu diperlukan sebuah solusi untuk meminimalisirnya. Solusi yang strategis untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan dilakukakkannya pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menerapkan perilaku cinta tanah air  melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Dalam hal ini, pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar penting untuk diselenggarakan karena akan membentuk sikap yang berkarakter bagi peserta didik. Adapun, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan studi literatur terhadap pendapat para tokoh dan mengkaji jurnal yang terkait dengan materi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar menjadikan peserta didik menjadi warga negara yang mecncintai negaranya karena di dalam muatan materi pembelajaran yang diajarkan terkandung nilai pendidikan karakter salah satunya adalah cinta tanah air.

 

References

Winarno & Suhartatik. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan 3. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Nasional.

Suharjo.(2006).Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar teori dan praktek. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Muchtar, O. (1976). Pendidikan nasional Indonesia, Pengertian. Dan Sejarah Perkembangannya. Bandung : IKIP Bandung.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Pendidikan nasional. Pasal 3.

Firmansyah. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Upaya Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air. Dalam Jurnal Buana Ilmu [Online], vol 2 (1). 137-150

Atika, N.A et al. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Aair. Jurnal Mimbar Ilmu. 24(1). 105-113.

Suhandi, A.M. et al. (2021). Penerapan Perilaku Jujur Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Academy of Education Journal.13(1). 40-50.

Kusuma, W. (2017). Cinta Tanah Air. Yogyakarta: Familia.

Semiawan, C.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Haris, L. (2017). Implementsi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Pperilaku Siswa Berwarga Negara YangBaik di SD Juara Kelurahan Baciro Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016. Academy of Education Journal. 8(2). 226-269. https://doi.org/10.47200/aoej. v8i2.37

Magdalena, I. et al., (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang.Jurnal Bintang Pendidikan dan Sains. Vol 02. 418-430.

Cahyantoro, Elham. 2011. Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air Kepada Anak TK. (Online).(http://mbenxxcaem.bl ogspot.com/2011/09/ menanamkan-sikap-cinta-tanah air-kepada.html).

Wahab, H.A. Aziz dan Udin S. Winataputra. (2006). Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukadi. (2013). Belajar dan Pembelajaran PKn SD sebagai Yadnya Dalam Rangka Perwujudan Dharma Agama dan Dharma Negara BerbasisKonstruktivisme.Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol 02, 196-206.

Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar: Inovasi Melalui Strategi Habituasi dan Program Kegiatan Sekolah Berkarakter. Yogyakarta: CV Buku Baik Yogyakarta.

Downloads

Published

03-11-2021

How to Cite

Salsabila, S. R. ., Dewi, D. A. ., & Furnamasari, Y. F. . (2021). Peranan Perilaku Cinta Tanah Air melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7791–7800. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2244

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check