Peningkatan Keterampilan Rias Pengantin Muslim, Kreasi Jilbab dan Perawatan Kulit Wajah Pada Guru-Guru Madrasah Aliyah (MA) Plus Ketrampilan Se Sumatera Barat Berbasis Revolusi Industri 4.0

Main Article Content

Murni Astuti
Vivi Efrianova
Mitra Lusiana

Abstract

Permasalahan mitra adalah guru MA Plus belum memiliki ketrampilan Rias Wajah Pengantin Muslim, Kreasi Jilbab, Perawatan Wajah sehingga saat fashion show, guru ketrampilan belum maksimal membantu siswa. Sehingga siswa masih banyak menggunakan jasa salon yang  mahal. Solusi permasalahan mitra dengan memberikan pelatihan rias wajah pengantin muslim,  kreasi jilbab dan perawatan kulit wajah. Tujuan kegiatan ini adalah: memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan Rias Pengantin Muslim, Kreasi jilbab dan Perawatan Kulit Wajah. Memberikan pengetahuan menetukan alat, bahan dan kosmetika serta koreksi sesuai dengan bentuk wajah, dan memberikan pengetahuan peluang usaha rias. Sasaran peserta dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat adalah guru ketrampilan dari Madrasah Aliyah Plus Ketrampilan di Sumatera Barat berjumlah 15 orang dilaksanakan di MAN 1 Bukit Tinggi. Kegiatan dilaksanakan dengan metode ceramah, demonstrasi, video tutorial, praktek, dan bimbingan. Kegitan pelatihan dilakukan  secara tatap muka maupun daring. Target luaran yang dicapai adalah jurnal Pendidikan Tambusai , HKI,bahan ajar. Setelah kegiatan ini  seluruh peserta dapat melakukan rias pengantin muslim, kreasi jilbab dan perawatan kulit wajah serta memiliki pengetahuan untuk berwirausaha di bidang tata rias. Diharapkan agar ketrampilan yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi siswa dalam kegiatan fashion show untuk  pengembangan minat bakatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Astuti, M., Efrianova, V., & Lusiana, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Rias Pengantin Muslim, Kreasi Jilbab dan Perawatan Kulit Wajah Pada Guru-Guru Madrasah Aliyah (MA) Plus Ketrampilan Se Sumatera Barat Berbasis Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8503–8509. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2254
Section
Articles of Research

References

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.

INDONESIA, P. R. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Yuanita, S. M., Supriyanto, A., & Mustiningsih, M. (2020). MANAJEMEN KEMITRAAN MADRASAH ALIYAH DENGAN BALAI LATIHAN KERJA DALAM PROGRAM KETERAMPILAN. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 283-298.

Andiyanto(2003), Make Over , Gramedia Pustaka Utama

Jannah, F. (2018). Modifikasi Tata Rias Pengantin Madura Putri Bangkalan Muslim. Jurnal Tata Rias, 7(3).

Poespo, S. (2006). Kebaya dan gaun pengantin Muslim. Gramedia Pustaka Utama.

Astuti, M., Dewi, I. P., Rahmiati, R., & Mentari, T. A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Keriting dan Cat Rambut Mahasiswa Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan Fpp Universitas Negeri Padang. UNES Journal of Education Scienties, 2(1), 001-009.

Astuti, M. (2018). Peningkatan Keterampilan Rias Pengantin Dan Mahendi Pada Kelompok Sadar Wisata Ikan Sakti Sungai Janiah Kanagarian Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. UNES Journal of Community Service, 3(2), 181-187.