Relavansi Kemensos RSODH “Bahagia” Medan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial

Authors

  • Nobel Sinatra Ginting Program Studi Pemikiran Politik Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nuri Prasuci Program Studi Pemikiran Politik Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Firda Annisa AR Program Studi Pemikiran Politik Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Thiara Prastika Program Studi Pemikiran Politik Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Khairul Luthfi Program Studi Pemikiran Politik Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2269

Keywords:

Kesejahteraan, Sosial, Kemensos, RSODH

Abstract

Manusia adalah makhluk yang tidak dapat dipisahkan dari manusia lainnya, manusia cenderung bergantung terhadap individu lainnya. Dalam kehidupan sehari-sehari manusia juga tidak  terlepas dari proses interaksi baik secara langsung ataupun tidak langsung. Adanya faktor imitasi, sugesti, identifikasi, simpati, dan motivasi, baik segara langsunng ataupun tidak  langsung mampu membentuk karakter dan membentuk stigma sosial masyarakat. Dalam meningkatkan kesejahteraan sosial yang dilakukan oleh Kemensos “RSODH” dapat terlihat dari beberapa kegiatan yang dilakukan dan fasilitas yang diberikan untuk meninggkatkan mutu dan cara berkembang orang yang ada di balai Kemensos RSODH untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Undang-undang Nomor 1 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial menyatakan bahwa Kesejahteraan Sosial merupakan kondisi terpenuhnya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga Negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri sehingga dapat melaksanakan funsi sosialnya. Kementrian Sosial memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan taraf Kesejahteraan Sosial bagi para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

 

References

Yoga Tursilarini, Tateki. stiani Hermawati. (2019). Pendamping Pekerja Sosial Dalam Rehabilitasi Sosial Orang Orang Dengan HIV-AIDS. Jurnal PKS Vol 18 No 2, 149-166.

Habibullah. (2020). Peran Pusat Kesejahteraan Sosial Dalam Pelayanan Sosial Terintegratif. SOSIO KONSEPSIA Vol. 9, No. 03, 295-305.

Sudrajati, Marizani, Deden Sumpena, Rohmanur Aziz. (2017). Peran Tenaga Kesejahteraan Sosial Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Miskin. Tamkin: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam Vol. 2 No. 2, 01-21

Triana. S, Lusi. (2019). Peran Pekerja Sosial Dalam Manajemen Kasus Penanganan Orang Dengan Human Immunodeficiency Virus Di Balai Rehabilitasi Sosial ODH Bahagia Medan. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara. hlm 20-59.

Suryani Dan Ahmad Purnama. (2017) Peran Pendamping Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Kube-FM. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, Vol. Vol. 41. No. 1, 67-76.

Sriwibowo, Sumarno. (2019). Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan Human Immunodeficency Virus"Bahagia" Di Medan. Dirjen Rs Kemensos: Medan. hlm. 4-36

Downloads

Published

11-11-2021

How to Cite

Ginting, N. S., Prasuci, N. ., Annisa AR, F. ., Prastika, T. ., & Luthfi, K. . (2021). Relavansi Kemensos RSODH “Bahagia” Medan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7918–7923. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2269

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check